Danlanal Malang Bersama Forkopimda Hadiri Resepsi Hari Jadi Ke -18 Kota Wisata Batu

Danlanal Malang Bersama Forkopimda Hadiri Resepsi Hari Jadi Ke -18 Kota Wisata Batu

Lantamal V (18/10), —

Komandan  Pangkalan TNI AL (Danalanal) Malang, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Hreesang Wisanggeni, S.E., bersama dengan Forkopimda menghadiri Resepsi Hari Jadi Ke – 18 Kota Wisata Batu Tahun 2019 dan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Surono Gondo Taruno dengan Lakon “Seno Tani” di halaman parkir Timur Balai Kota Among Tani Kota Batu. Tadi malam.

Wali Kota Batu Dra.Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si  mengatakan selain hiburan berbagai tari daerah juga terdapat prosesi Bulu Bekti, yang merupakan hasil penggalian budaya oleh Dewan Kesenian Kota Batu. Para seniman memandang perlu untuk memunculkan kearifan lokal dalam perayaan HUT Kota Batu yang ke-18 ini.

Dahulu lanjutnya, bulu bekti adalah upeti dan persembahan diberikan oleh masyarakat kepada junjungannya sebagai bentuk ucapan tanda terima kasih, hadiah atau sebagai sebuah penghargaan dan penghormatan yang dirupakan sebuah Tumpeng raksasa dan diserahkan kepada Wali Kota Batu Dra.Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si yang kemudian secara simbolis menerima, lalu meminta semua bulu bekti itu diberikan kepada masyarakat untuk dinikmati  secara bersama-sama.

Walikota Batu menjelaskan bahwa Kota Batu adalah kota kecil yang dulunya hanya kecamatan hingga akhirnya mendapatkan peningkatan status menjadi kota yang otonom dan mandiri ini dan menjadi Kota Pertanian serta Pariwisata yang terkenal.

Rangkaian kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Malang bersama Forkopimda Kota Malang, Kabupaten dan Batu ditutup dengan Pagelaran Wayang Kulit oleh dalang Ki Surono Gondo Taruno dengan Lakon “Seno Tani”.