HADAPI SITUASI DARURAT SAAT LAYAR, PRAJURIT SATBAN KOARMADA II LATIHAN SEA SURVIVAL

Koarmada II. Surabaya 17 Oktober 2019

Sebagai salah satu upaya meningkatkan profesionalisme kerja di kalangan prajurit , terutama saat berlayar, Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II menggelar latihan Sea Survival.

Latihan yang diikuti  sebanyak 65 orang peserta ini, dibuka langsung oleh Komandan Satban Koarmada II Kolonel Laut (P) Arif Budiman, bertempat di Ruang Kelas Satban Koarmada II, pada Kamis (17/10).

Adapun latihan Sea Survival ini dilaksanakan menurut Arif-sapaan karib Komandan Satban adalah untuk memberikan keterampilan kepada ABK KRI, dalam mempertahankan hidup di laut apabila kapal mengalami kedaruratan di daerah operasi. Selain itu juga untuk membentuk sikap dan mental yang tangguh, supaya mereka mampu bertahan hidup baik secara perorangan maupun kelompok sampai mendapatkan pertolongan.

“Setelah melaksanakan kegiatan ini diharap prajurit Satban mengetahui prosedur Sea Survival yang benar, mengetahui cara memanfaatkan dan mampu melaksanakan kegiatan dengan baik termasuk prosedur dalam menghadapi dan menangani situasi darurat, serta gunakan sarana yang ada, tetaplah belajar dan berlatih diamana saja di tugaskan”, tegas Arif dalam sambutannya.

Menurut rencana latihan Sea Survival akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 22 Oktober 2019,  dengan melibatkan  Dinas Penyelaman Bawah Air Koarmada II sebagai pelatih. Sementara materi yang diberikan dalam latihan  meliputi kegiatan latihan teknis dan taktis untuk perorangan, maupun tim disesuaikan dengan kebutuhan dan sifat latihan.

Ikut hadir dalam acara pembukaan yakni para Komandan unsur Satban Koarmada II, Perwira Staf Satban Koarmda II, , tim Latih dan penilai Kolat koarmada II, Tim Evaluasi Itkoarmada II, serta Tim Kesehatan Diskes Koarmada II.

 

Dinas Penerangan Koarmada II