PRAJURIT LANTAMAL VII DAN JAJARANNYA MENERIMA SOSILAISASI SIBER DAN PENGAMANAN INTELIJEN TNI.

Lantamal VII Kupang – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII  Kolonel Laut (P) M.Nazif mewakili Komandan Lantamal VII didampingi Sekdispamal Kolonel Laut Kolonel Laut (T) Widyanto Pudyo. P, S.H.,M.H.  membuka kegiatan Sosilaisasi siber dan Pengamanan TNI Angkatan Laut Th.2019 bagi personel Lantamal VII di  Ruang Serbaguna Mako Lantamal VII Jl.Bolok Raya El Nusa Kupang. Rabu, (09/10).

Kegiatan sosialisasi siber dan Pengamanan bertujuan  agar para prajurit  dijajaran Lantamal VII dapat lebih maksimal memanfaatkan dunia siber dan mengerti batas serta dengan bijak menggunakan Medsos. Selain itu prajurit lebih mengerti mengenai sopan santun di Internet dan dalam bersosial media karena  sudah diatur dalam UU ITE.

Komandan Lantamal VII dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wadanlantamal VII mengucapkan terimakasih kepada Tim dari Dispamal Labpamsisjar Mabesal yang  sudah datang di Mako Lantamal VII untuk memberikan sosialisasi dan pencerahannya tentang intelijen dan siber kepada jajaran personel Lantamal VII.

Menurut Danlantamal VII, dalam menghadapi tantangan perubahan jaman, pola intelijen klasik berupa human intelligence semata sudah tidak bisa lagi menjawab tantangan perkembangan jaman, oleh karena itu pola intelijen saat ini adalah menggunakan media siber atau yang disebut cyber intelligence.

Pergeseran ini terjadi akibat penggunaan teknologi informasi yang masif, khususnya internet dan media sosial. Keadaan ini lanjutnya, menyebabkan informasi lebih banyak beredar di internet. Contohnya: pengunaan facebook, whashapp, twitter, Instagram dan lainnya.

Cyber intelligence lanjutnya, digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan dan menganalisa informasi untuk mendeteksi, melacak dan meprediksi kapabilitas, motif dan aktifitas siber guna mengambil keputusan. Cyber intelligence melibatkan tiga komponen, yaitu orang, teknologi dan informasi.

Untuk materi sosialisasi sendiri disampaikan  materi tentang Siber oleh Kepala Laboratorium Pengamanan Sistem dan Jaringan (Kelabpamsisjar) Dispamal, Kolonel Laut (E) H.A. Danang Rimbawa, S.Si.,M.T, paparan intelijen staf Dispamal, demostasi siber dan tanya jawab seputar intelijen dan siber.

Kepala Dinas Pengamanan TNI AL dalam amanatnya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Sekdispamal) Kolonel Laut (T) Widyanto Pudyo. P, S.H.,M.H. yang juga Ketua Tim Sosialisasi mengatakan bahwa

perkembangan lingkungan strategis bahwa dinamika potensi ancaman saat ini dan kedepan menjadi semakin kompleks dan beragam  ancaman tidak berasal dari aspek militer dan fisik semata melainkan datang dari non militer dan fisik salah satunya adalah  ancaman dunia maya yg disebut dengan perang siber atau cyber War.

Bagian dari perang informasi, Perang siber didefinisikan sebagai peperangan yg menggunakan peralatan elektronik dan komputer  untuk menghancurkan serta mengganggu peralatan eletronik serta jalur komunikasi lawan/musuh yg merupakan konflik antar negara maupun melibatkan aktor-aktir non negara dengan target seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara meliputi asek Inpoleksosbudhankam dan Iptek, Untuk mengantisipasi terjadinya serang Siber yang dapat mengancam pertahanan dan keamanan NKRI, TNI AL dituntut bukan hanya profesional dan mahir dalam menggunakan  alutsista namun juga harus memiliki kemampuan yang handal dalam menghadapi ancaman di dunia maya (Cyber Space).

Melalui sosialisasi ini diharapkan dapat dijadikan solusi positif dalam upaya menghadapi dan menangkal ancaman serangan siber dilingkungan TNI AL diharapkan kinerja seluruh prajurit di sepuruh jajaran TNI AL lebih profesional, solid dan sinergritas dalam memahami potensi ancaman siber sehingga dampak negatif dari perkembangan teknologi komunikasi dan internet dapat diminimalisir.

Sebelum masuk kedalam materi sosialisasi dilaksanakan Penyerahan cindera mata dari Lantamal VII kepada Dispamal, dan dari  Dispamal kepada Lantamal VII serta foto bersama.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah para Asisten Danlantamal VII, para Kasatker Lantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Danlanudal Kupang, Dayonmarhanlan VII, Dan KRI Tongkol, Dan KRI Layang serta anggota, ibu -ibu Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada ll, para Pasintel Lanal jajaran Lantamal VII dan para Komandan Pos Angkatan Laut jajaran Lantamal  VII.

 

By. Dispen Lant VII.