Selamatkan Pesisir Laut Di Indonesia TNI Tanam 300.074 Bibit Pohon Manggrove Dalam Rangka HUT TNI ke 74 Tahun 2019

Selamatkan Pesisir Laut Di Indonesia TNI  Tanam 300.074  Bibit Pohon Manggrove Dalam Rangka HUT TNI ke 74 Tahun 2019

Lantamal V (7/10), —

Sebanyak 300.074  bibit pohon Manggrove ditanam serentak di  Pesisir pantai wilayah Indonesia dalam rangka Peringatan HUT TNI ke 74 tahun 2019, Senin (7/10).

Panitia pelaksana tingkat pusat dan sekaligus penanggung jawab kegiatan tersebut  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar)  Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Hal tersebut adalah juga merupakan salah satu agenda Nasional peringatan HUT ke 74 TNI AL serta sekaligus dalam rangka memecahkan Rekor Musium Indonesia (MURI). Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal)  Semarang Kolonel Laut (P)  Musleh Yadi  bersama instansi pemerintah Daerah, TNI – Polri, masyarakat setempat dan para pelajar melaksanakan kegiatan Penanaman Manggrove secara serentak yang di gelar di Desa Trimulyo Kecamatan Genuk Kota Semarang.

Kegiatan penanaman mangrove serentak yang bertemakan “Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita” ini, dihadiri pejabat Pemkot Semarang,  Pejabat Kodim. Pejabat Polrestabes Semarang,  ketua Cabang Jalasenastri Cabang 4 Korcab V DJA II Ny 3vy Musleh Yadi,  Ceo Pelindo Regional Jateng,  perwakilan Direktur dan ketua Sekolah Maritim, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa setempat.

Disela sela penanaman Danlanal Semarang menjelaskan bahwa untuk kegiatan penanaman  Manggrove ini Lanal Semarang menanam sebanyak 4.500 bibit pohon manggrove. Dalam pelaksanaannya, Lanal Semarang menentukan tempat yang tepat sebagai sasaran pelaksanaan penanaman di Desa Trimulyo Kecamatan Genuk.

Menururnya, daerah ini setiap hari selalu terkena Abrasi air laut, juga agar bisa memulihkan kembali ekosistem di daerah ini. Danlanal Semarang juga berjanji akan melakukan perawatan secara bertahap kepada tanaman manggrove pasca pelaksanaan penanaman ini, sehingga akan bisa hidup dan bermanfaat bagi Masyarakat Daerah ini.

Sebelum pelaksanaan Penanaman, didahului dengan pelaksanaan Apel gelar Peserta penanaman,  sebagai Pengambil Apel Danlanal Semarang, sedangkan Komandan Apel dipercayakan kepada Pasiops Lanal Semarang Kapten Laut (P)  Casito, dengan peserta lebih kurang 300 Orang.