PANGKOARMADA II PIMPIN PENANAMAN 68.300 BIBIT MANGROVE DI SURABAYA

 

Koarmada II. Surabaya 07 Oktober 2019

 

Masih dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-74 Tahun 2019, Panglima Komando Armada II Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si, memimpin pelaksanaan Pemecahan Rekor Muri Penanaman Mangrove Serentak Seluruh Indonesia di wilayah Surabaya, bertempat di Wisata Mangrove Romokalisari,  Senin (07/10).

 

Tampak hadir dalam acara tersebut yakni Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R.Wisnoe Prasetja Boedi, Wagub Jatim Emil Dardak, Komandan Kodiklatal, Gubernur AAL, Wakapolda Jatim,  Danlanud Surabaya, Direksi Pelindo III Surabaya, dan Dirut PT. Teluk Lamong.

 

Juga turut hadir Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada II, Ny. Dien Mintoro Yulianto beserta pengurus, serta ibu-ibu pengurus Dharma Pertiwi Daerah E, dan jajaran Forkopimda serta masyarakat sekitar.

 

Sebanyak 68.300 bibit mangrove ditanam secara simbolis oleh seluruh tamu yang hadir. Sementara 143.200 batang bibit Mangrove menjadi jumlah total yang ditanam oleh Jajaran Koarmada II dalam upaya pemecahan rekor Muri tanam  300.074 pohon Mangrove secara serentak di seluruh Indonesia.

 

Dalam sambutannya Pangkoarmada II menyampaikan, jika Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan mangrove terbesar di dunia. Yakni  sekitar 3 juta hektare hutan mangrove disepanjang 95.000 km pesisir Indonesia , atau 23% dari keseluruhan ekosistem mangrove dunia.

 

Pangkoarmada II menambahkan bahwa selain mampu menahan ombak, mencegah abrasi, bahkan mampu meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh Tsunami, Mangrove juga berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur atau limbah dan mampu menyerap polutan dan asap dari udara.

 

“Penanaman pohon mangrove serentak ini kita jadikan sebagai langkah untuk memulihkan dan melindungi kelestarian ekosistem sebagai upaya konservasi di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Juga turut serta memelihara dan menjaga pohon mangrove yang akan kita tanam pada hari ini, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik, sehingga kedepan diharapkan ekosistem dan biota laut dapat memberikan andil dalam meningkatkan kondisi lingkungan dan ketahanan nasional”, tegas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Penanaman 300.074 bibit mangrove ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia   disaksikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan para Kepala Staf Angkatan secara live melalui Video Conference.

 

Dinas Penerangan Koarmada II