KINI GILIRAN MASYARAKAT MYANMAR TERKAGUM DENGAN AKSI REOG PONOROGO PRAJURIT KRI BIMA SUCI

Koarmada II. Surabaya 07 Oktober 2019

Satgas Pelayaran Diplomasi Duta Bangsa 2019 kembali membuat kagum masyarakat dunia. Kali ini masyarakat Myanmar berhasil terkagum-kagum dengan penampilan aksi  seni budaya Reog Ponorogo yang dibawakan oleh Prajurit KRI Bima Suci.

Bertempat di People’s Park Pyay Rd Yangoon Myanmar (Burma), bersama para Taruna dan Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-66 yang tergabung dalam Satlat Kartika Jala krida 2019 menampilkan kolaborasi Reog Ponorogo dengan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL , pada Minggu (06/10/2019). Aksi tersebut merupakan bagian dari misi diplomasi sebagai duta bangsa yang diemban oleh KRI  Bima Suci, dengan mengusung tema Maritime Fulcrum Brotherhood.

Sementara itu Komandan KRI Bima Suci yang juga selaku Komandan Satgas Diplomasi Duta Bangsa Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.(Hanla) mengungkapkan jika yang dimaksud dari tema tersebut adalah mengenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat dunia sehingga mampu menumbuhkan rasa persaudaraan antara Indonesia dengan negara-negara tujuan yang dikunjungi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan sinergitas dibidang kemaritiman dan juga Angkatan Laut setiap negara.

“ Melalui seni budaya Indonesia yang kita tampilkan dalam setiap lawatan diharapkan bisa mewujudkan rasa persaudaraan dan meningkatkan sinergitas di bidang maritim, dan juga antar keangkatan lautan dengan tiap negara tujuan “, tegas Waluyo, sapaan karib Komandan KRI Bima Suci.

Usai menampilkan atraksi Reog Ponorogo dan GS Gita Jala Taruna, dilanjutkan denagn melaksanakan Kirab Kota menuju Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Myanmar di Yangoon.

Di tempat tersebut mereka mendapat jamuan makan siang dari Duta Besar RI di Yangoon, yang dilanjutkan dengan menari Poco-Poco, Gemu Famire, dan Aster Dance hingga menambah ramai suasana di Duta Besar Yangoon Myanmar.

Turut hadir pada acara tersebut Walikota Yangon Myanmar  Mr. U Maung Maung Soe, Duta Besar RI untuk Myanmar  Irjen Pol Prof. Dr. Iza Fadri, Perwakilan Duta Besar yang ada di Myanmar, Atase Pertahanan RI untuk Myanmar Kolonel Laut (P) Fajar Rusdianto, beserta Staf KBRI untuk Myanmar.

Dinas Penerangan Koarmada II