Peringati HUT KE-74 TNI, Danlanal Tegal Ziarah Ke TMP Pura Kusuma Negara

Peringati HUT KE-74 TNI, Danlanal Tegal Ziarah Ke TMP Pura Kusuma Negara

Lantamal V (3/10), —

Untuk memperingati HUT ke-74 TNI, Komandan Lanal Tegal, Lantamal V, Koarmada II,  Letkol Laut (P) Agus Haryanto, S.E.,MTr.Hanla.,MM, melaksanakan upacara, ziarah, dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Negara Kota Tegal, Kamis (3/10).

Ziarah rombongan kali ini dipimpin Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Ricard Arnold Yeheskel Sangari, M.M. dengan Komandan upacara Kapten Laut (S) Rudi Sutardi dari Lanal Tegal.

Proses ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Dandim, dan diakhiri dengan tabur bunga oleh Danlanal, Dansatradar, para perwira dan Ibu ibu anggota Dharma Pertiwi.

Menurut Danlanal Tegal usai pelaksanaan ziarah mengatakan bahwa ziarah dan tabur bunga ini tak hanya semata-mata untuk memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa saja,  akan tetapi diharapkan menjadi bahan renungan bagi generasi penerus bangsa untuk tidak berhenti berjuang untuk negara.

”Tentang arti patriotisme hingga semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan. Kemudian bisa sebagai motivasi dalam melanjutkan perjuangan, sehingga para anggota Lanal Tegal khusuanya,  dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya,” paparnya.

Menurutnya, bentuk-bentuk penghormatan ini tak akan pernah lepas dari dada untuk terus menghormati dan menghargai hingga mengenang jasa-jasa para pahlawan, sebab mereka telah memperjuangkan Indonesia hingga merdeka seperti ini.

Upacara ziarah dan tabur bunga diikuti oleh Satuan Korsik, peleton gabungan Pama, Kodim 0712 Tegal, Lanal Tegal, Satradar 214 Tegal, PNS Hankam, Ibu ibu Kartika Candra Kirana Persit Tegal, Ibu ibu Cabang 7 Korcab V DJA II Jalasenastri Tegal,dan Ibu- Ibu IKKT Satradar 214 Tegal.