Lanal Denpasar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lanal Denpasar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Lantamal V (1/10), —

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar-Bali, Lantamal V, Koarmada II,  Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019, yang dilaksanakan di Lapangan Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Selasa (1/10).

Dalam pelaksanaan upacara di awali dengan laporan Komandan Upacara (Danup) kepada Inspektur Upacara (Irup) dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan Pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Selanjutnya pembacaan Ikrar yang isinya “Bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada  kenyataanya banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut karena kelengahan, kurang kewaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 Lanal Denpasar membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diharapkan sebagai Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat, Pangkalan TNI AL Denpasar, melalui Hari Kesaktian Pancasila hendaknya dapat menggali kembali makna yang terkandung dalam Pancasila.

Setiap prajurit wajib tertanam jiwa Pancasila, sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman apapun.

Hadir dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila : Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad, para Perwira Staf, serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Mako Lanal Denpasar-Bali serta Ketua dan Pengurus Jalasenastri Cabang 10 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada II.