Posal Sendang Biru Amankan Syukuran dan Petik Laut 2019

Posal Sendang Biru Amankan Syukuran dan Petik Laut 2019

Lantamal V (27/9), —

Pos Angkatan Laut (Posal) Sendangbiru, Lanal Malang,  Lantanal V amankan jalannya Acara Syukuran dan Petik Laut Nelayan Pondok Dadap ke -39 TPI Sendangbiru, Desa Tambak Rejo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang, Jumat (27/9).

Menurut Danposal Sendangbiru Peltu Nanang Wahyudi yang hadir pada acara tersebut mengatakan,  Petik Laut merupakan tradisi tahunan para nelayan dan warga Pantai Sendang Biru yang diselenggarakan setiap tanggal 27 September.

Pelaksanaan tradisi petik laut ini lanjutnya, telah menjadi agenda wisata budaya di kawasan Sendangbiru ini dan dipastikan berlangsung meriah dan penuh kesakralan.

Posal Sendangbiru dalam acara tersebut turut serta mengamankan jalannya larung laut dengan di bantu SAR binaan Lanal Malang. Acara tersebut diantaranya arak-arakan hasil bumi, gunungan nasi tumpeng disertai ikan laut dan hasil bumi yang disebut Labuh Semboyo dilarung menggunakan perahu nelayan.

Perahu masyarakat nelayan tersebut dihiasi pernak-pernik khas nelayan setempat guna meriahkan acara Larung Sesaji Semboyo.

Bupati Malang Drs HM Sanusi, M.M yang hadir saat itu menyampaikan bahwa Petik Laut merupakan tradisi masyarakat nelayan sebagai ucapan syukur para nelayan kepada Allah SWT.

“Atas nama Pemkab Malang mengapresiasi kegiatan petik laut kali ini, saya berharap agar acara ini bisa mendatangkan potensi wisata dan sebagai hiburan masyarakat di Kab. Malang,” harapnya

Ia juga berharap agar dengan syukuran yang diselenggarakan hari ini dapat menjadikan masyarakat Sendang Biru semakin sehat dan sejahtera.

Hadir dalam kegiatan teraebut Buoati Malang,  Kepala Dinas Perikanan Kab. Malang Ir Endang Retnowati, Camat Sumbermanjing Wetan Agus Harianto, Danramil 0818/ Kab. Malang – Batu, Kapolsek Sumbermanjing Wetan, Danposal Sendangbiru,  Kasatpol Airud Sendang Biru, Kades Tambakrejo, Ketua Paguyupan Nelayan Pondok Ndadap H. Umar Hasan dan undangan lainnya.