Ratusan Prajurit Lanal Denpasar Terima Sosialisasi Hak dan Kewajiban Peserta ASABRI

Ratusan Prajurit Lanal Denpasar Terima Sosialisasi Hak dan Kewajiban Peserta ASABRI

Lantamal V (26/9), —

Sedikitnya 130 prajurit dan PNS  Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar bersama peraonel Lanud Ngurah Rai, Polresta Denpasar dan para pensiunan TNI/Polri (Pepabri) mendapat Sosialisasi hak dan kewajiban peserta Asabri di gedung Serbaguna IGP. Dwinda, Mako Lanal Denpasar, Bali, Kamis (26/9).

Sosialisasi Program Asabri ini, menjelaskan tentang Peraturan Pemerintah terbaru Nomor 102 Tahun 2015 tentang Asuransi Sosial Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementrian Pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dari Kancab PT. Asabri (Persero) Denpasar.

Sosialisasi disampaikan langsung  Yudha Gelorawan, S.H. selaku Kepala Kantor Cabang PT. Asabri (Persero) Denpasar dan Bank amitra PT. Asabri yaitu Bank Mantab/Mandiri Taspen beserta Tim Sosialisasinya dimana disambut oleh Danlanal Denpasar-Bali.

Kehadiran tim sosialisasi disambut Palaksa Lanal Denpasar, Letkol Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmad mewakili Danlanal Denpasar.  Dalam sambutan tertulisnya yabg dibacakan Palaksa, DanLanal Denpasar, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengucapkan terima kasih atas acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh PT. Asabri (Persero).

Menurutnya, sosialisasi ini sangatlah penting untuk diketahui bagi seluruh Prajurit maupun PNS TNI yang berada di wilayah Denpasar beserta jajarannya, dan kegiatan sosialisasi juga diselenggarakan di Mako Lanal Denpasar Bali.

Danlanal juga menegaskan tentang kepastian akan perlindungan dasar melalui kepesertaan Asabri apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan terutama mereka yang gugur dalam tugas negara dan juga sebagai bekal untuk dihari tua nanti yang bisa meningkatkan kualitas kesejahteraan serta beban resiko yang ditanggung akan terasa lebih ringan bagi seluruh Prajurit dan PNS TNI/Polri.

Sementara itu Kakancab PT. Asabri menjelaskan tentang Peraturan Pemerintah yang terbaru Nomor 102 Tahun 2015 yang berlaku 1 Juli 2015 serta Hak dan kewajiban Peserta Asabri dan perlunya memahami tata cara pengurusan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Pensiun.

Dalam sesi tanya jawab para peserta sosialisasi sangat antusias untuk menerima penjelasan tentang informasi yang belum diketahuinya, pada kesempatan sosialisasi tersebut juga menampung aspirasi yang disampaikan dari para peserta yang akan digunakan sebagai bahan, data dan informasi dalam penyempurnaan prosedur pelayanan selanjutnya.

Dalam rangka mewujudkan pemberian pelayanan yang terbaik bagi peserta Asabri, dengan harapan seluruh Prajurit TNI/Polri maupun PNS untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai program-program manfaat Asuransi maupun Pensiun dan harus tahu apa hak-hak serta kewajibannya menjadi peserta Asabri.