LANAL PULAU  ROTE BERSAMA DKP KAB.ROTE NDAO BERI PENYULUHAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT

LANAL PULAU ROTE- Selama 2 hari Pangkalan TNI AL  (Lanal) Pulau Rote bersama DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Kabupaten Rote Ndao melaksanakan penyuluhan tentang Budidaya rumput laut di Desa Sedeoen Kecamatan Rote Barat, Selasa(24/09/2019)

Kegiatan yang dibuka oleh Komandan Lanal (Danlanal) Pulau Rote Letkol Laut (P) Akhmad Alif Saifuddin Z,  M.Tr.,HanLa diikuti oleh 200 warga   masyarakat desa Sedeoen   yang ada di Kecamatan Rote Barat, pada hari pertama materi yang disampaikan oleh narasumber  meliputi cara memilih runput laut, cara mengikat rumput laut, cara menanam rumput laut dan memahami jenis penyakit rumput laut serta cara mengatasinya, selesai terori  dilanjutkan sesi tanya jawab  dan  praktek  mengikat dan menanam rumput laut, kuis dan pemberian  hadiah bagi warga yang dapat  menjawab pertanyaan dari narasumber.

Dalam sambutannya Danlanal Pulau Rote mengatakan bahwa  salah satu tugas TNI adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai fungsi pembinaan teritorial dan untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkokoh kemanunggalan TNI dengan masyarakat. Lebih jauh Danlanal mengatakan bahwa rumput laut merupakan komoditi yang memiliki nilai jual tinggi jika dikelola dengan baik maka akan mendatangkan penghasilan tambahan bagi petani rumput laut, selama ini para petani rumput laut hanya menjual rumput laut  yang sudah dikeringkan  tetapi dengan kegiatan ini para petani dapat mengolah rumput menjadi makan dan minuman yang dapat dikomsumsi dan dipasarkan.

Camat Rote Barat mewakili pemerintah daerah dalam sambutannya mengatakan bahwa  Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, kedepanya para petani rumput laut akan lebih maju dan mendapatakan inofatif baru yang bisa meningkatkan produksi dan pengolahan rumput laut. Atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan kepada Komandan Lanal Pulau Rote yang sudah melaksanakan kegiatan ini diharapkan kedepan tidak hanya di Desa Sedeoen saja tetapi di Desa  lain juga dapat memperoleh pengetahuan tentang Budidaya rumput laut  sehingga masyarakat dapat memanfaatkan laut untuk mendatangkan penghasilan.

Sedangkan pada  pada hari Kedua  kegiatan yg dilaksanakan meliputi praktek panen, cara menjemur hasil panen dan mengolah rumput  laut menjadi makanan ( steak) dan minuman   (Es rumput Laut)  kegiatan ini diikuti ibu-ibu  desa Sedeoen dibantu oleh ibu-ibu Jalasenastri pimpinan  ketua Cabang IV Korcab VII DJA II Ny. Akhmad Alif

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Lantamal VII Kupang beserta Ibu, Komandan Lanal P. Rote beserta Perwira Staf jajaran Lanal P. Rote, Ketua Cabang IV Korcab VII  DJA II, Pabandya Potwilmar Spotmar Mabesal Spotmar Mabesal , Perwakilan DKP Kabupaten Rote Ndao, Perwakilan  Dinas Perdagangan Rote Ndao.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan Pembagian sembako kepada 200 warga desa Sedeoen (Dispen Lantamal VII)