ASPERS PANGKOARMADA II PIMPIN SIDANG UJI KOMPETENSI CALON KOMANDAN LANAL SERTA KOMANDAN KRI

Koarmada II. Surabaya 26 September 2019

Asisten Personel (Aspers) Koarmada II Kolonel Laut (P) Dede Burhanudin, S.E. mewakili Kepala Staf  Koarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., memimpin sidang uji kompetensi calon Komandan Lanal serta Komandan KRI, bertempat di Gedung Candrasa Markas Komando Armada II. Kamis (26/09/2019).

Sebanyak 20 orang perwira menengah mendapat kesempatan untuk menjadi calon Komandan Lanal Tipe C dan Komandan KRI di jajaran Koarmada II. Namun sebelumnya mereka harus melewati uji kompetensi yang terdiri dari uji tulis, tes psikologi. Sementara dalam sidang, para peserta wajib memaparkan visi dan misi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan Lanal, juga Komandan KRI. Visi dan misi tersebut meliputi bidang personel, logistik, material, operasi dan latihan, serta bidang lainnya terkait tugas pokok kedua jabatan tersebut.

Selanjutnya dalam amanat Kaskoarmada II yang dibacakan Aspers Kolonel Laut (P) Dede Burhanudin, S.E. menyampaikan bahwa kompetensi merupakan kemampuan dan karakteristik yang dimiliki seorang personel yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya,  sehingga dapat melaksanakan tugasnya secara profesional, efektif dan efisien.

“ Organisasi TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan tugasnya memerlukan pengawak organisasi yang The Right Man On The Right Place, dalam artian setiap personel harus ditempatkan pada jabatan sesuai dengan kemampuannya “, tegas Heri, sapaan karib Kaskoarmada II ini.

Diselengarakannya uji kompetensi ini lanjut Heri, adalah sebagai satu acuan dasar dan pedoman dalam proses penempatan jabatan sebagai Komandan KRI dan Komandan Lanal untuk mewujudkan TNI AL yang handal menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“ Saya berpesan agar para peserta mempersiapkan diri dan keluarkan kemampuan terbaik dalam mengikuti uji kompetensi ini. Sebab profesionalisme, kepribadian, riwayat kedinasan dan penilaian langsung serta obyektif merupakan bagian dari aspek-aspek penilaian dalam uji kompetensi ini “, pungkasnya.

Dinas Penerangan Koarmada II