TAMBAH WAWASAN TENTANG NARKOBA, PRAJURIT KRI HASAN BASRI-382 MENDAPAT PENYULUHAN DARI  POLRES NUNUKAN

Koarmada II – Surabaya, 23 September 2019

Untuk menambah wawasan sekaligus mencegah prajuritnya terjerat narkoba, Komandan KRI Hasan Basri-382 Letkol Laut (P) John David N.S. mengadakan penyuluhan narkoba dan kesehatan yang menghadirkan Kasat Resnarkoba Polres Nunukan AKP Eka Berlin, bertempat di Lounge Room kapal perang tersebut pada Sabtu (21/9).

Penyuluhan narkoba tersebut tidak hanya diikuti oleh prajurit KRI Hasan Basari-382, tetapi juga oleh anggota Lanal Nunukan dan 30 orang anggota Komunitas Bikers.

Pada kesempatan itu Kasat Resnarkoba Polres Nunukan AKP  Eka Berlin sebagai narasumber memberikan materi tentang bahaya, jenis (macam-macam) narkoba  saat ini dan upaya cegah dini terhadap bahaya narkoba. Selain itu juga disampaikan mengenai UU No. 35 Tahun  2009 tentang Narkotika, dan UU No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kedua undang-undang tersebut berisi tentang ancaman hukuman bagi pengguna dan pengedar narkoba.

Dengan adanya penyuluhan narkoba tersebut, Komandan KRI Hasan Basri-382 Letkol Laut (P) John David N.S. berharap  kepada para prajurit KRI Hasan Basri-382, dan Lanal Nunukan, serta anggota Club Motor BIG 250 dan N MAX agar menjauhi narkoba. Ia juga mengharapkan partisipasi dan peran serta masyarakat Nunukan untuk bersama -sama memberantas masuknya narkoba di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ Saya harap setelah penyuluhan ini pengetahuan prajurit maupun peserta lain tentang bahaya narkoba dan ancaman hukum yang menyertainya menjadi bertambah luas, dan sadar untuk tidak mencoba menggunakannya. Begitu pula dengan masyarakat Nunukan, saya mengharap partisipasi mereka untuk ikut memberantas peredaran narkoba di wilayah perbatasan ini “, tutur John David disela kegiatan.

John David pun menambahkan jika penyuluhan narkoba ini adalah bentuk sinergitas dari TNI dan Polri yang bertugas di perbatasan negeri. Sebagaimana diketahui bahwa KRI Hasan Basri -382 yang terlibat dalam Operasi Busur Ambalat -19 dibawah kendali operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada II, mengemban tugas pokok Komando Tugas Gabungan pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia-Malaysia di Ambalat, dan melaksanakan operasi pengamanan wilayah perbatasan laut dan udara pada tahun 2019 di sekitar perairan Karang Unarang Laut Sulawesi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Usai kegiatan Komandan KRI Hasan Basri-382 Letkol Laut (P) John David N.S. berkenan memberikan plakat cenderamata  kepada Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Anton Pratomo S.E., M.Tr.Hanla yang ikut hadir. Juga kepada Wadan Satgas Pamtas Raider 600/Modang Mayor Inf Ribut Yodo, Kasat Resnarkoba Polres Nunukan AKP  Eka Berlin, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tunontaka Nunukan AKP Oman Purnama, dan Ketua Club Motor 250 up H. Andi Alim.

Dinas Penerangan Koarmada II