KRI HIU-634 DUKUNG LAYANAN KAS KELILING BANK INDONESIA KE PULAU-PULAU  WILAYAH PROVINSI NTT

Lantamal VII Kupang –”Cinta Rupiah Cinta NKRI” bertempat di dermaga Lantamal VII, Komandan Lantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa melepas Tim Layanan Kas Keliling Bank Indonesia (BI) ke Pulau Terluar, Terdepan dan Terpencil (3T) Wilayah Prov. NTT,  Jumat (20/09/2019).

Dengan menggunakan KRI Hiu-634 Tim Ekspedisi KAS keliling Bank Indonesia, akan melaksanakan layanan KAS  keliling ke pulau-pulau wilayah provinsi NTT selama 6 (enam) hari dari tanggal 20 sampai dengan tanggal 26 September 2019 dengan rute Dermaga Mako Lantamal VII – Pulau Sumba (Waikelo) – Pulau Komodo – Pulau Flores (Labuan Bajo) – Pulau Permana – Pulau Lembata dan akan kembali sandar di dermaga Mako Lantamal VII pada tanggal 26 September 2019.

Dalam sambutanya Kepala Perwakilan BI Nusa Tenggara Timur I Nyoman Ariawan Atmaja menyatakan ekspedisi kas keliling itu bertujuan meningkatkan standar kelusuhan uang (soil level) di NTT. Selain melakukan penukaran uang lusuh, BI juga akan memberikan bantuan di setiap pulau yang disinggahi. Sejumlah bantuan yang diberikan di antaranya adalah peralatan sekolah dan kebutuhan sekolah dimana bantuan ini merupakan program sosial Bank Indonesia (PSBI).

Komandan Lantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa mengatakan bahwa  kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI AL kepada kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau  terpencil, terdepan dan terluar bekerjasama dengan BI dalam mendukung program pemerintah terutama dalam percepatan pertumbuhan dan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini sesuai dengan undang-undang TNI nomor 34 tahun 2004,  dimana tugas pokok TNI salah satunya adalah membantu pemerintahan di daerah. Lantamal VII Kupang selalu siap mendukung penuh kegiatan seperti ini. mengakhiri sambutan Danlantamal  VII mengharapkan semoga apa yang kita laksanakan bersama ini dapat mensukseskan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan dan pemerataan pembangunan diseluruh wilayah Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal VII, Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Ka Akun Lantamal VII, Komandan KRI Hiu-634, Staf Bank Indonesia Provinsi NTT.