Lanal Batuporon Bersama Syahbandar Telaga Biru Aksi Bersih Bersih Pantai

Lanal Batuporon Bersama Syahbandar Telaga Biru Aksi Bersih Bersih Pantai

Lantamal V (12/9), —

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal ) Batuporon, Lantamal V, Koarmada II,  bersama Syahbandar Telaga Biru dan masyarakat melaksanakan aksi bersih bersih pantai di Pelabuhan Batu Kerbau Desa Batu Kerbuy Kec Pasean Kab Pamekasan, Kamis (12/9).

Perwira Palaksa (Pelaksana) Mayor Laut (E) Kangiadi juga mengajak sejumlah masyarakat dan pelajar bersama-sama melakukan aksi gerakan bersih laut dan pantai dalam rangka Hari Perhubungan Laut Nasional Tahun 2019 itu.

Aksi bersih-bersih pantai ini dihadiri Danlanal Batuporon diwakili Palaksa Mayor Laut (E) Kangiadi, Kasatpolair Bangkalan, AKP Irma Sumiati, Danramil 0829/17 Tanjung Bumi, Kapten Inf Purbowo, Ka Wilker Telaga Biru Stasiun Karantina Pertanian Klas II Bangkalan.

Kemudian Koordinator Wilker Telaga Biru KKP Klas I Surabaya, Kades Batu Kerbuy,  Perwakilan Marine Operation PC Ketapang II Ltd, Perwakilan Kesehatan Pelabuhan Klas I Surabaya, Ka Cabang PT Pertamina Trans Kontinental, Pramuka si mantap tanjung bumi,  Paguyuban Seni Pothoh Madureh, Santri dan Masyarakat nelayan.

Sebelum memulai aksi bersih-bersih sampah di laut, peserta menyanyikan lagu ‘Bagimu Negeri’.

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk semangat pelestarian alam dan lingkungan hidup khususnya bagi generasi milenial Sampah organik dikumpulkan di pinggir pantai sedangkan sampah anorganik (plastik) dikumpulkan dalam kantong sampah sesuai kategori plastik, logam atau kaca.

Sebagian besar sampah merupakan sampah organik yang berupa krangkam dan lamun.

Hasil dari kegiatan tersebut ditemukan sampah laut berupa sisa-sisa jaring (tali cantrang), bambu, botol plastik dan sampah laut lainnya yang terkait di terumbu karang.

“Kegiatan ini penting, tidak hanya penting untuk membersihkan sampah di laut tapi juga menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat setempat agar tidak membuang sampah di laut dan agar kita membawa sampah kita sendiri jika berwisata,” ujar Palaksa.