Lanal Batuporon Peringati Hari TNI AL Tahun 2019

Lanal Batuporon Peringati Hari TNI AL Tahun 2019

Lantamal V (10/9), —

Pangkalan TNI Angkatan Laut Batuporon, Lantamal V, Koarmada ll memperingati HUT ke-74 TNI AL di lapangan Apel Mako Lanal Batuporon, Jl. Mawar No 33 kecamatan Kamal, Bangkalan, Selasa (10/9).

Kasal Laksamana TNI Siwi Suka Adji SE. MM. Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Lanal Batuporon, Letkol Laut (P) Teguh Wibowo M, Tr. Hanla, mengatakan  selama 74 tahun  TNI Angkatan Laut telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis.

Selama ini pula TNI Angkatan Laut telah secara aktif terlibat dalam menjamin kepentingan maritim Indonesia terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang sesuai pasal 9 undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI telah diatur lima tugas angkatan laut yakni bidang pertahanan matra laut penegakan hukum dan keamanan maritim diplomasi maritim pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim dan pembinaan wilayah pertahanan laut.

Lebih lanjut dikatan bahwa untuk mewujudkan sebuah kekuatan Angkatan Laut yang profesional dan modern tentunya dimulai dari bidang perencanaan pembangunan kekuatan modernisasi Alutsista yang ditujukan untuk mencapai kesiapan tempur telah ditata dalam perencanaan strategi Angkatan Laut 5 tahun kedepan dalam kerangka kekuatan Angkatan Laut yang selalu siap dioperasionalkan atau dikenal dengan operasional ready force.