Taklimat Awal Wasrik BPK RI PDTT Manset di Lantamal VI Makassar

 

Makassar – Senin (09/09/2019), Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) akan menjalani Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) oleh Tim BPK Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) Manajemen Manset (Manset) mulai dari tanggal 09 s.d. 14 September 2019.

Adapun Tim pemeriksa dari BPK PDTT Manset yang dipimpin oleh Pengendali Teknis Abdul Hakim, S.E., M. Si., dan beberapa anggota Tim bertujuan untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap pemanfaatan aset pada Pengelolaan Barang Milik Negara pada UO TNI AL Tahun 2016 s.d. semester I 2019.

Dalam sambutan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas yang dibacakan oleh Ws. Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., menyampaikan selamat datang di Lantamal VI Makassar kepada tim Wasrik BPK RI PDTT Manset.

Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) adalah melaksanakan Pemeriksaan yang dilakukan dengan tujuan khusus, diluar pemeriksaan keuangan dan pemeriksaan kinerja yang saat ini fokus pada pemeriksaan pemanfaatan aset. Hasil pemeriksaan nantinya akan memuat kesimpulan dan rekomendasi yang selanjutnya bagi Lantamal VI Makassar akan dijadikan sebagai pedoman untuk perbaikan peneglolaan aset-aset negara yang berada di bawah manajemen Lantamal VI Makassar.

“Berangkat dari hal tersebut di atas, kita semua memandang Tim Wasrik BPK RI PDTT Manset sebagai mitra kerja sehingga saya menaruh harapan besar bahwa kegiatan Wasrik BPK RI ini akan membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan TNI/TNI AL, khususnya Lantamal VI Makassar dalam pengelolaan aset negara. Oleh karena itu saya menginstruksikan kepada seluruh objek wasrik agar menerima tim wasrik dengan sebaik-baiknya serta memberikan data-data yang akurat dan up to date guna mendukung kelancaran pelaksanaan Wasrik BPK RI”, ujar Ws. Wadan Lantamal VI dalam membacakan sambutan Danlantamal VI.

Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan singkat tentang Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Manajemen Aset (Pengelolaan Barang Milik Negara) Pada UO TNI AL dan Instansi Terkait Tahun 2016 s.d. Semester I 2019 oleh Pengendali Teknis Tim BPK RI tersebut.

Selanjutnya, Paparan singkat tentang Pemanfaatan Aset Tanah dan Bangunan di Lantamal VI Tahun 2016 s.d. 2019 oleh Letkol Laut (KH) Jacob I.M. Damu dan Pemanfaatan Aset Fasharkan Makassar oleh Mayor Laut (E) Muh. Firdaus.