Lanal Malang Latih PKBN Siswa SMKN 2 Kelautan Turen

Lanal Malang Latih PKBN Siswa SMKN 2 Kelautan Turen

Lantamal V (5/9), —

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Malang, Lantamal V, Koarmada II, telibat dalam kegiatan Pendidikan Karakter dan Bela Negara (PKBN) pada siswa SMKN 2 Kelautan Turen, Malang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka Wakahumas SMKN 2 Kelautan Turen, Drs Kaseri. PKBN di SMKN 2 Kelauta,  Turen, Malang ini diikuti 314 Taruna/ni kelas X . Tahun 2019.

Menurut Wakahumas SMKN 2 Turen, kegiatan yang digelar dalam rangka peresmian dan pelantikan sebagai Taruna/ni baru SMKN 2 Kelautan ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan, ketertiban di lingkungan sekolah.

PKBN ini juga bertujuan membentuk karakter siswa berwawasan kebangsaan, cinta tanah air serta menumbuhkan dan memupuk jiwa kejuangan untuk ikut serta dalam upaya bela negara.

Pendidikan karakter ini lanjutnya, memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagaimana menanamkan kebiasaan tentang hal-hal yang baik dalam kehidupan.

Diharapkan,  peserta didik memiliki kesadaran, dan pemahaman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa karakter merupakan sifat alami seseorang dalam merespons situasi secara bermoral, yang ditunjukkan dalam tindakan nyata melalui perilaku jujur, baik, bertanggung jawab, hormat terhadap orang lain, dan nilai-nilai karakter mulia lainnya.

Kegiatan yang melibatkan pelatih dari Lanal Malang di dukung dari Pengajar serta Staf SMKN 2 Kelautan Turen menjadikan kegiatan PKBN bisa terlaksana dengan baik dan menyisakan suatu kenangan yang tidak akan bisa terlupakan oleh para siswa/siswi yang mengikutinya.