PERINGATI HUT KE-74 TNI AL, KRI AHMAD YANI – 351 GELAR DONOR DARAH DI KOTABARU

Koarmada II – Surabaya, 29 Agustus 2019.

Dalam rangka menyongsong peringatan HUT Ke – 74 TNI Angkatan Laut, KRI Ahmad Yani – 351 yang sedang melaksanakan Operasi Busur Ambalat-19 dibawah kendali operasi Gugus Tempur Laut (Guspurla ) Koarmada II,  bersama Lanal Kotabaru mengadakan kegiatan sosial berupa Donor Darah saat kapal tersebut sandar di Pelabuhan Stagen, Kotabaru.

Untuk lebih menarik animo peserta, KRI Ahmad Yani-351 juga menggelar open ship bagi masyarakat Kotabaru. Sementara itu kegiatan donor darah yang dilaksanakan di hanggar helikopter KRI Ahmad Yani – 351 diikuti oleh ABK kapal tersebut, prajurit Lanal Kotabaru, dan beberapa instansi setempat seperti Kodim 1004, Polres Kotabaru, Basarnas Kotabaru, Pelindo III, PT. AKR Corporindo, PT. Arutmin, dan Bank BRI.

Sementara itu ratusan warga baik dari keluarga besar TNI Angkatan Laut, maupun masyarakat sekitar berbondong-bondong untuk melihat dari dekat dan merasakan naik kapal perang milik TNI AL yang menjadi kebanggaan rakyat Indonesia tersebut.

Komandan KRI Ahmad Yani – 351 Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan  pada waktu yang tepat. Sebab berdasarkan informasi yang dipeoleh dari staf PMI Kotabaru,  jika saat ini mereka mengalami kekurangan stok darah. Bahkan selama pelaksanaan giat donor sudah ada masyarakat yang sudah pesan sumbangan darah. Dan dari kegiatan tersebut sebanyak 74 kantong darah berhasil dikumpulkan.

“ Tujuan kita menggelar kegiatan bhakti sosial donor darah untuk menyambut HUT Ke-73 TNI AL mendapat sambutan positif dari PMI Kotabaru dan masyarakat setempat. Begitu juga dengan open ship KRI Ahmad Yani-351, yang dikunjungi ratusan warga Kotabaru dari berbagai penjuru. Semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh KRI Ahmad Yani – 351 akan bermanfaat bagi warga Kotabaru,  serta menjadi amal ibadah bagi pendonor yang telah mendonorkan darahnya “, terang Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah disela kegiatan.

KRI Ahmad Yani-351 yang terlibat dalam Operasi Busur Ambalat -19 mengemban tugas pokok Komando Tugas Gabungan pengamanan wilayah perbatasan laut Indonesia-Malaysia di Ambalat melaksanakan operasi pengamanan wilayah perbatasan laut dan udara pada tahun 2019 di sekitar perairan Karang Unarang Laut Sulawesi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Sementara Guspurla Koarmada II memiliki peran penting dalam  melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut ,dan operasi amfibi baik untuk mendukung pengendalian laut ,maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Dinas Penerangan Koarmada II