MASIH DALAM SUASANA PERINGATAN HUT KE-74 RI, SATGASMAR AMBALAT XXIV GELAR KOMPETISI SEPAK BOLA DI SEBATIK

Koarmada II – Surabaya, 28 Agustus 2019

Dalam menjalin hubungan interaktif dengan masyarakat, Satgasmar Ambalat XXIV selalu mengedepankan cara persuasif dengan selalu membantu masyarakat  binaannya. Ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya masyarakat, bahwa TNI AL selaku garda terdepan penjaga perbatasan mampu berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan institusi TNI AL.

Begitu halnya dengan yang dilakukan oleh Satgasmar Ambalat XXIV yang menggelar kompetisi Sepak Bola antar kesebelasan yang ada di Pulau Sebatik dan sekitarnya. Adapun kompetisi ini digagas oleh Satgasmar Ambalat XXIV dalam rangka memperingati HUT Ke-74 RI , yang digelar di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur.

Tercatat sekitar  20 tim Sepak Bola dari dalam dan luar Pulau Sebatik ikut berpartisipasi dalam kompetisi lokal ini.  Sedangkan bagi remaja putri dan ibu-ibu juga digelar pertandingan oleh Satgasmar Ambalat XXIV yakni  pertandingan Bola Voli, yang diikuti sebanyak 16 tim yang semuanya berasal dari Pulau Sebatik. Kedua pertandingan tersebut dibuka langsung oleh Komandan Satgasmar Ambalat XXIV Kapten Mar Mikael Rolen.

Sementara itu dalam pertandingan Bola Voli Putri yang dilaksanakan lebih dulu pada tanggal 18 Agustus 2019, keluar sebagai juara I yakni Desa Tembaring, disusul posisi ke-2 yang diraih oleh  Desa Sei Tawan, dan Juara 3 yakni Pos Kotis. Masing –masing pemenang mendapatkan sebuah tropi dan uang pembinaan.

Sedangkan untuk pertandingan sepak bola dilaksanakan mulai tanggal 24 Agustus 2019 hingga pertengahan bulan September 2019. Dalam setiap pertandingan Sepak Bola para pemain dari masing-masing tim bermain dengan penuh semangat dan fair play . Tak lupa supporter pun bersorak dengan penuh lantang kepada setiap tim yang didukungnya, dengan melibatkan anak-anak Karang Taruna setempat.

Ditempat terpisah, Komandan Satgasmar Ambalat XXIV Kapten Mar Mikail Rolen mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan satuannya merupakan bagian dari pembinaan teritorial terhadap masyarakat setempat. Sebab disamping menjaga integritas bangsa selaku satgas yang menjaga perbatasan,TNI  AL juga punya tugas lain yaitu teritorial.

” Teritorial itu tugas utama sebagai upaya untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat, yaitu bagaimana TNI AL bisa membantu warga yang membutuhkan, memberikan solusi positif seperti tenaga pendidik,melatih para pelajar sebagai Pasukan Paskibraka saat  Upacara HUT Ke-74 RI ,mengajar Pramuka , dan lainnya “, terang Dansatgasmar Ambalat XXIV.

 

Dansatgasmar menambahkan jika  kompetisi Sepak Bola dan Pertandingan Bola Voli antar masyarakat di Pulau Sebatik,  termasuk wujud dari upaya pembinaan territorial Satgas terhadap masyarakat setempat. Agar kepercayaan masyarakat pada TNI AL selalu terpupuk dengan baik dan memudahkan pelaksanaan operasi.

Satgasmar Ambalat XXIV sendiri merupakan satuan tugas Marinir yang berada dibawah komando kendali Gugus Tempur Laut Koarmada II sebagai satuan atas. Satgas ini digelar bertujuan untuk menekan angka ancaman pelanggaran wilayah, kejahatan trans nasional seperti Narkoba, illegal fishing yang terjadi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI secara umum dam TNI AL secara khusus.

Sementara Guspurla Koarmada II memiliki peran penting dalam  melaksanakan proyeksi kekuatan guna menyelenggarakan operasi laut yang meliputi operasi tempur laut ,dan operasi amfibi baik untuk mendukung pengendalian laut ,maupun untuk mencapai tujuan-tujuan strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan dan hukum di laut

Dinas Penerangan Koarmada II