Komandan Lanal Cilacap Kunjungi Posal Purworejo dan Sowan Bupati Purworejo

Komandan Lanal Cilacap Kunjungi Posal Purworejo dan Sowan Bupati Purworejo

Lantamal V (27/8), —

Dalam kunjungan ke satuan diwilayah kerjanya, yang salah satunya Pos Angkatan Laut (Posal) Purworejo, Komandan Pangkalan TNI Angkatan (Danlanal) Cilacap, Lantamal V, Koarmada ll, Kolonel Laut (P) Adi Lumaksana, S. Sos, juga sowan kepada Bupati Purwerejo, Agus Bastian, SE.,M.M, Selasa (27/8).

Dalam kunjungan untuk membangun sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Purworejo ini, Danlanal Cilacap didampingi Kapten Laut (P) Yana Handayana (Ps. Pasops Lanal Cilacap) dan Pelda Bek Pujianto (Danposal Purworejo).

Kunjungan Danlanal Cilacap kali ini diterima Bupati Purworejo di Balairung Pendopo Kabupaten Purworejo didampingi beberapa stafnya.

Danlanal Cilacap menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung di Kabupaten Purworejo yakni  bersilaturahmi dan memperkenalkan diri sebagai Komandan Lanal Cilacap yang baru serta menyampaikan kepada Bupati Purworejo peranan Lanal dalam pengamanan laut selatan Cilacap dan Purworejo.

Danlanal juga menyampaikan tentang tugas pokok TNI AL yang diemban Pangkalan TNI AL Cilacap yang salah satu wilayah kerjanya  mencakup Kabupaten Purworejo, yang slaah satunya turut dalam pegamanan Obyek Vital dan pembina pesisir dan nelayan pesisir.

“Di Kabupaten Purworejo ada 2  Posal dibawah wilayah kerja Lanal Cilacap yakni Pos AL di Keburuhan dan Jatimalang untuk Pos di Jatimalang masih pinjam pake, untuk personelnya bila ada permintaan dari Pemda Purworejo bila kurang akan di dukung dari Lanal Cilacap” ujarnya.

Menurut Danlanal, apabila dalam pengurusan surat – surat kapal nelayan, ada kendala, pihak dari Lanal  siap membantu, selain itu pada setiap Pos TNI AL dilengkapi dengan senjata bila mana terjadi imigran gelap yang memungkinkan jadi tempat transit berkait  wilayah selatan Purworejo berbatasan dengan Australia.

” Takalah pentingnya bahwa pada akhir – akhir ini sering terjadi gempa dan tsunami, hal ini menjadi perhatian khusus dari Lanal Cilacap dalam kewaspadaan tanggap darurat,” tegas Danlanal.

 Sementara itu Bupati Purworejo mengaku sangat berterima kasih atas kunjungan Danlanal Cilacap, semoga dengan kehadiran Danlanal Cilacap akan lebih mengakrabkan hubungan Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan Institusi TNI AL dalam hal ini Lanal Cilacap.

Berkaitan dengan masalah hibah lokasi untuk Posal, masih  terkendala dengan adanya aturan baru, secara kebutuhan harusnya bisa, karena untuk kepentingan bangsa dan negara.

Namun dirinya berjanji, pemerintahan Kabupaten Purworejo siap membantu memfasilitasi dalam proses hibah, termasuk pengadaan kendaraan operasioanal diajukan permohonan sesuai prosedur yang berlaku,” pungkasnya.