Danlanal Tegal Berikan Kuluah Umum Wawasan Kebangsaan di Universitas Pancasakti

Danlanal Tegal Berikan Kuluah Umum Wawasan Kebangsaan di Universitas Pancasakti

Lantamal V (26/8), —

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal, Lantamal V,  Koarmada II, Letkol Laut (P) Agus Haryanto,SE.,MTr Hanla,.MM memberikan kuliah umum pada 1.275 mahasiswa baru Universitas Pancasakti Tegal (UPS), Senin (26/8).

Kuliah umum yang digelar di Auditorum UPS tersebut mengusung  tema “Wawasan Kebangsaan”.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Tegal mengajak para generasi muda untuk ikut bersama-sama dalam membangun bangsa. Ia percaya, bahwa anak muda bisa membawa Indonesia menuju kejayaan di masa depan.

“Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Danlanal menekankan, bahwa kita harus berani mengambil sikap demi kemajuan bangsa dan negara. Pasalnya, pendiri bangsa ini telah membuat Indonesia menjadi satu, dari Sabang hingga Merauke.

“Untuk itu saya titip kepada kalian sebagai anak muda, pegang betul itu. Karena kalau tidak maka bangsa ini akan terkoyak dan hancur,” ucapnya.

Ia juga menginginkan agar para generasi muda ketika menjadi orang besar untuk tidak berbicara bohong, karena akan merusak generasi ke bawahnya.

“Jadi pemimpin itu jangan pernah berbicara bohong, kalau berbicara bohong itu akan merusak generasi ke bawah dan itu akan meracuni anak-anak muda,” tegasnya.

Berkaitan dengan Poros Maritim Dunia, Danlanal Tegal juga mengatakan, Indonesia memiliki visi dan misi menjadi negara maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perdamaian di kawasan dan dunia sesuai kepentingan nasional.