Bersama Radar Bali dan Elemen Masyarakat, Lanal Denpasar Laksanakan Bersih – Bersih DAS Kawasan Konservasi Hutan Mangraove

Bersama Radar Bali dan Elemen Masyarakat, Lanal Denpasar Laksanakan Bersih – Bersih DAS Kawasan Konservasi Hutan Mangraove

Lantamal V  (25/8),—

Dalam rangka peduli kebersihan lingkungan dari sampah plastik, Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar, Lantamal V bersama Radar Bali dan elemen masyarakat Bali lanynya menggelar Bersih Bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) dikawasan Konservasi Hutan Mangrove, Jl. By Pass Km. 21, Kota Denpasar, Minggu (25/8).

Gelaran Bersih Bersih Daerah Aliran Sungai (DAS) dikawasan Konservasi Hutan Mangrove ini dalam rangka mendukung gerakan Go Clean Our River 2019 yang diselenggarakan oleh PT. Jawa Pos Radar Bali.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperingati 1st Anniversary Radar Bali dengan tema “Sadar Lingkungan Dengan Peduli Bersama Memerdekakan Sungai Dari Sampah”.

Sasaran yang ditetapkan oleh panitia sengaja dipilih Daerah Aliran Sungai di daerah Teluk Benoa Bali dimana terdapat areal hutan mangrove yang lokasinya banyak terdapat sampah plastik dengan jumlah timbunan mencapai ratusan ton setiap hari.

Menurut penjelasan Gubernur Bali dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali, Bpk. Made Teja bahwa alam Bali adalah alam yang indah.

Pulau Bali mengalami persampahan yang pelik. Sampah di sungai apabila tidak dibersihkan dapat menyebabkan banjir.

Penanganan sampah tidak akan bisa diatasi jika hanya ditangani oleh Pemerintah Daerah saja. Perlu kerjasama bersama dari seluruh stake holder dan elemen masyarakat.

Melalui Pergub No. 97 tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah sekali pakai, Pemerintah Provinsi Bali telah melarang penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara disela-sela kesibukannya, Komandan Lanal Denpasar, Kolonel Henricus mengatakan kita harus mendukung program kegiatan Go Clean Our River tahun 2019 yang telah digagas oleh Jawa Pos Radar Bali. Sebagai mitra kerja yang aktif mendukung publikasi kegiatan Lanal Denpasar.

Peran serta prajurit Lanal Denpasar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam menjaga kelestarian lingkungan maritim. Khususnya kawasan hutan mangrove yang ada di wilayah Provinsi Bali.

Dari hasil pantauan dilapangan, antusias masyarakat dalam melaksanakan aksi bersih sungai dari sampah plastik terlihat sangat tinggi.

Para peserta secara bahu membahu bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Prov. Bali dan Dinas Kebersihan mengambil sampah plastik yang banyak tersebar di sepanjang Daerah Aliran Sungai maupun hutan mangrove.