Danlanal Malang Hadiri Kuliah Umum Bela Negara dan Deradikalisme di Universitas Brawijaya

Danlanal Malang Hadiri Kuliah Umum Bela Negara dan Deradikalisme di Universitas Brawijaya

Lantamal V (24/8).—-

 Komandan Lanal Malang, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Nanang Hariono menghadiri Kuliah Umum Bela Negara dan Deradikialisasi oleh  Menhan RI (Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu) beserta rombongan dalam rangka pembekalan Wawasan Kebangsaan dan  Bela Negara di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya jl Veteran Kota Malang, Sabtu (24/8) .

Turut hadir dalam acara tersebut  tersebut rombongan Menhan RI sebagai berikut : Dirjen Kuathan Menhan RI (Mayjend TNI Ida Bagus Purwa Laksana). Staf Khusus Menhan RI (Bpk. Ismu Wardoyo), Dir Belanegara (Brigjen TNI Herman Djatmiko, Karo Humas (Brigjen TNI Totok Sugiharto, S. Sos), Karo TU Setjen (Brigjen TNI Iroth Sonny Adhie) serta Karoum (Marsma TNI Yusuf Jauhari).

Kuliah umum ini diikuti sekitar 6000 mahasiswa baru Universitas Brawijaya dari berbagai Fakultas. Rektor UB Prof Dr Ir Nuhfil Hanani AR.,M.S. dalam sambutaanya  mengatakan bahwa Universitas Brawijaya adalah Universitas yang paling banyak diminati nomor satu  di Indonesia dan menjadi universitas dengan mahasiswa paling banyak diantara Universitas di Indonesia .

Menhan dalam paparannya mengatakan bahwa, Bela Negara merupakan wujud dari penguatan karakter diri dalam kepribadian berbudaya dan rasa cinta kepada tanah air, dengan demikaian kehadiaran Menhan kali ini adalah sebagai upaya membangun sikap untuk menyadari hak dan kewajibannya dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Menhan menekankan kepada para mahasiswa bahwa sebagai  bangsa yang besar, harus mempunyai indentitas yang jelas dan berakar pada  kepribadian bangsa  Indonesia yang berbhineka tunggal Ika .

 Disamping itu mahasiswa sebagai  Pemimpin masa depan Indonesia harus mempunyai kekuatan integritas, memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang utuh dan menjauhkan radikalisme demi persatuan bangsa dengan  dilengkapi dengan wawasan pengetahuan yang baik .

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan penandatanganan MOU antara UB dengan Menhan (Dirjen Pothan Kemhan)  diwakili Dirirektur  Belanegara dalam hal  peningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang bela negara. Dalam hal pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas SDM, juga turut  ditandatangani  MOU 16 Dekan Fakuktas UB dengan Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yunianto, S.A.P., M.Si., M Tr. (Han) .

Hadir dalam kuliah umum tersebut pejabat TNI Wilayah Malang Raya diamntaranya : Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yunianto, S.A.P., M.Si., M Tr. (Han) , Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Zainuddin,  Danwing 2 Abd Saleh Kolonel Pnb . Eko , Dandim 0833 Letkol Inf Tonny Anderson  serta Wakapolresta Malang Kompol A. Dedi Kusworo . Sedangkan  dari pejabat sipil daerah tampak hadir Staff Ahli Bidang Hukum ,

Pemerintahan dan Politik Kota (Drs. Agoes Edy Poetranto, MM) mewakili Walikota Malang  , Para Wakil rektor , dan selurih dekan di universitas Brawijaya.