USAI KAJI ULANG , LATIHAN BERSAMA SEA GARUDA RESMI DITUTUP

Koarmada II – Surabaya 21 Agustus 2019

Usai melaksanakan serangkaian serial latihan dan latihan puncak di Teluk Thailand pada Selasa (20/8) kemarin, Satgas Latihan Bersama Sea Garuda 2019 melaksanakan kaji ulang yang disusul dengan acara penutupan latihan tersebut , bertempat di  Gedung ASW Simulator Ship Sattahip Naval Base,  Thailand. Rabu (21/08/2019).

Dalam sambutannya Komandan Satuan Tugas Sea Garuda 2019 Kolonel Laut (P) Eko Wahjono menyampaikan bahwa seluruh prajurit gabungan TNI Angkatan Laut dan Royal Thai Navy telah melaksanakan seluruh tugas yang diemban sejak latihan digelar dari tanggal 15 hingga 20 Agustus 2019, dengan baik, aman dan lancar.

“ Seluruh rangkaian seri latihan telah dilaksanakan dengan baik, aman, lancar dan sesuai prosedur. Sehingga bisa dikatakan misi Sea Garuda 2019 berjalan sukses “, terang Eko, sapaan akrab Dansatgas Sea Garuda 2019.

Lebih lanjut Eko menambahkan bahwa kerjasama seluruh unsur yang terlibat yakni dua kapal perang TNI AL dari jajaran Satuan Eskorta Koarmada I yakni KRI Bung Tomo -357, dan KRI Frans Kaisiepo-368 dari Koarmada II berlangsung kondusif dengan unsur lainnya dari Royal Thai Navy, yakni HTMS Rattanakosin dan HTMS Bhumibol Adulyadej, juga unsur pendukung lainnya yakni  pesawat jenis Maritime Patrol Aircraft (MPA), dan helikopter masing-masing sebanyak satu unit.

 “ Kami akan kembali ke tanah air Indonesia melalui Sattahip menuju Batam, selanjutnya menuju Jakarta dan Surabaya. Kami selaku Komandan Satgas Sea Garuda 2019 , beserta prajurit TNI AL mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari pihak Royal Thai Navy , selama kami berada di Thailand. semoga melalui latihan ini kita dapat lebih solid untuk kedepannya “, pungkas Eko yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat Koarmada II ini.

Mengakhiri acara dilaksanakan pertukaran cendera mata dari kedua belah pihak. Ikut hadir dalam acara penutupan latihan Sea Garuda 20AB-19 antara lain Capt. Samarn Khutapong, Komandan KRI Bung Tomo-357, Komandan KRI Frans Kaiseipo- 368, Atase Indonesia di Thailand dan Danton Marinir.

Dinas Penerangan Koarmada II