DUA KRI JAJARAN KOARMADA II LAKSANAKAN UPACARA BENDERA HUT KE-74 RI DITENGAH LATIHAN BERSAMA JOINT MINEX PANDU 2019

Koarmada II. Surabaya 19 Agustus 2019

Dua Kapal Perang Republik Indonesia dari jajaran Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II , yakni KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712 terlibat dalam latihan bersama dengan Angkatan Laut Singapura atau Republic of Singapore Navy (RSN) yang diberi sandi Latihan Bersama Joint Minex Pandu 2019 .

Sementara dari jajaran RSN dua kapal perang mereka yang terlibat latihan  yakni RSS Bedok dan RSS Punggol. Selain itu ikut serta Tim Kopaska TNI AL  dan Tim Penyelam RSN (NDU) mendukung latihan yang digelar mulai tanggal 13 hingga 19 Agustus 2019 di perairan selat Singapura hingga sebelah timur pulau Bintan.

Kedua KRI kelas Mine Hunter dari jajaran Satran Koarmada II tersebut kini masuki tahapan Sea Phase di selat Singapura hingga sebelah timur pulau Bintan.

Adapun tujuan diadakannya latihan tersebut untuk meningkatkan profesionalisme kerjasama taktis dalam kegiatan exploratory hunting  dan clearance operation atau operasi pembersihan  dalam menghadapi kemungkinan ancaman bahaya ranjau.

Disela-sela kegiatan latihan yang yang dilaksanakan, yakni pada serial Photo Exercise yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2019 sebagai HUT Kemerdekaan RI ke-74, KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712 melaksanakan upacara bendera dengan disaksikan oleh prajurit RSS Punggul dan RSS Bedok yang ikut melaksanakan peran parade di geladak kapal selama pelaksanaan formasi kapal perang.

“ Selain sebagai  kegiatan seremonial yang dilaksanakan namun yang lebih penting dari itu adalah pesan nyata sebagai bentuk nasionalisme cinta tanah air oleh prajurit TNI AL yang sedang bertugas di dimanapun kepada negara-negara di kawasan tentang arti sebuah perjuangan dan kemerdekaan, Sehingga Indonesia tetap bisa menjadi bangsa yang utuh, kuat dan tangguh “, tegas Kolonel Laut (P) Rizaldi, S.E., selaku Dansatgas Latma Joint Minex Pandu 2019.

Dinas Penerangan Koarmada II