DI DAERAH OPERASI PRAJURIT KRI SULTAN NUKU LAKSANAKAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN KE – 74 RI

Koarmada II. Surabaya 18 Agustus 2019

Meski berada di daerah operasi, tidak menyurutkan jiwa nasionalisme dari ABK KRI Sultan Nuku-373 yang saat ini tergabung dalam Satuan Tugas ( Satgas) Operasi Kawanua Sakti-19,  melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Pendopo Balai Kota Tahuna. Sabtu (18/08/2019).

“ Merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi prajurit Sultan Nuku-373 melaksanakan  upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI di daerah operasi. Hal ini merupakan bagian dari patriotisme dan nasionalisme bagi jiwa seorang prajurit.  Hubbul Waton Minal Iman, cinta tanah air dan bangsa adalah sebagian dari iman ” , ujar Komandan KRI Sultan Nuku – 373, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla) usai pelaksanaan upacara.

Sementara itu Operasi Kawanua Sakti 19 yang berada dibawah kendali Gugus Tempur Laut (Guspurla ) Koarmada II operasi rutin yang dilaksanakan oleh TNI-AL sepanjang tahun guna menjaga dan mengamankan wilayah perbatasan Indonesia-Filipina.

Selain melaksanakan tugas pokok penegakkan kedaulatan dan hukum dilaut, KRI Sultan Nuku juga melaksanakan tugas mengunjungi pulau-pulau terluar di sepanjang  perbatasan Indonesia – Filipina seperti Pulau Marore dan Miangas, serta mengunjungi pulau-pulau di sepanjang Kepulauan Sangihe.

Pelaksanaan upacara tersebut baik upacara penaikkan maupun penurunan bendera dilaksanakan di Lapangan Pendopo Balai Kota Tahuna bersama jajaran instansi/aparat setempat seperti Pangkalan TNI-AL Tahuna.

Dinas Penerangan Koarmada II