MEMPERINGATI HUT JALASENASTRI KE-73, KORCAB XIII DJA II GELAR LATIHAN MERANGKAI KALUNG MANIK KHAS KALIMANTAN


TARAKAN – Jum’at (16/08/2019) Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat spesial bagi Jalasenastri Korcab XIII karena pada bulan Agustus disamping memperingati hari Kemerdekaan RI di bulan Agustus juga hari lahirnya Jalasenastri yang ke-73 tepatnya tanggal 27 Agustus 2019. Banyak cara untuk memeriahkan hari lahirnya Jalasenastri tahun ini, disamping diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial juga disi dengan pelatihan keterampilan.


Tadi pagi, pukul 08.00 Wita bertempat di ruang Serbaguna Satrol Lantamal XIII Jl. Yos Sudarso Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Jalasenastri Korcab XIII DJA II menggelar acara Pelatihan Merangkai Kalung Manik Khas Kalimantan untuk memperingati HUT Jalasenastri ke-73 tahun 2019 yang dipimpin oleh Ketua Korcab XIII DJA II Ny. Judijanto. Adapun instruktur yang memberikan bimbingan dalam pelatihan tersebut adalah Ibu Yuliana yang berasal dari Kabupaten Malinau.

Keseruan nampak terlihat dalam suasana pelatihan tersebut. Instruktur berulang-ulang mengingatkan peserta latihan untuk selalu bersabar dan teliti dalam merangkai manik khas kalimantan ini karena dibalik keindahan yang disajikan ternyata terdapat kesulitan dan kesabaran tinggi bagi para pembuatnya. Disamping itu, tak jarang dari Ibu-ibu Jalasenastri mengeluhkan matanya yang berair karena memang manik kecil harus menggunakan jarum yang kecil sehingga betapa susahnya bagi Ibu-ibu yang sudah berumur memasukan benang kedalam jarum yang sangat kecil.

Semangat untuk ingin bisa dan menghasilkan karya yang luar biasa terus ditunjukkan oleh para Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab XIII, terlihat dalam suasana latihan yang penuh dengan riang gembira yang terkadang diselingi dengan senda gurau kecil namun tetap serius dalam memilih warna manik-manik dan memasukkannya ke dalam benang sehingga hasilnyapun tampak indah dan mengagumkan.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II