Ketua Korcab V DJA II Hadiri Pelatihan Handicraft Suspaso di Balurjaltim

Ketua Korcab V DJA II Hadiri Pelatihan Handicraft Suspaso di Balurjaltim

Lantamal V (14/8), —

Ketua Korcab V DJA II Ny. Yoeliana Tedjo Sukmono menghadiri Pelatihan Handicraft Suspaso dalam Program  Pembekalan Keterampilan (Bektram) TNI AL yang digelar  di Kantor Badan Penyalur Tenaga Kerja Angkatan Laut Wilayah Timur (Balurjaltim), Surabaya, Rabu (14/8).

Menurut Instruktur Pelatihan Handicraft,  Hermien Kristianto yang sehari hari menjabat sebagai Ur Budaya Cabang 1 Pengurus Gabungan Jalasenastri  Kodiklatal mengatakan bahwa Suspaso berasal dari bahasa Italy yang artinya mengangkat dan transparan.

Karya seni ini  menggunakan bagan dasar kain bermotif dengan cara ditempel dan dibentuk (diembos)  menjadi tiga dimensi.

Prlatihan Suapaso yang dikemas dalam Program Bektram ini lanjutnya, sebenarnya sudah berjalan sejak 31 Juli dan direncanakan berakhir 27 Agustus 2019 mendatang.

Jumlah peserta Bektram kali ini diikuti 20 orang baik dari  militer dan PNS serta ibu Jalasenastri yang berasla dari Kotama TNI AL wilayah Surabaya.

Selain instruktur dari Angkatan Laut juga ada instruktur dari UMKM Sidoarjo yang mengajarkan beberapa keterampilan lainnya. Materi yang diberikan antara lain cara membuat donpet pesta dengan menggunakan bahan dasar sederhana dari kain dengan perlengkpaan pembuatan  berupa gunting, lem rajawali, dompet dan lilin.

Selain dompet pesta, peserta juga diberikan materi pelatihan cara membuat bunga dari bahan kaos kaki stoking dan karya seni kreatif lainnya.