Danlanal Batuporon Hadiri Penutupan TMMD ke 105 di Kabupaten Sampang

Danlanal Batuporon Hadiri Penutupan TMMD ke 105 di Kabupaten Sampang

Lantamal V (8/8), —

Komandan PangkalanTNI AL (Dananal) Batuporon, Lantamal V, Koarmada ll, Letkol Laut (P) Teguh Wibowo.,M.Tr Hanla, menghadiri upacara penutupan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-105 Kodim 0828 di Lapangan Wijaya Kusuma Kabupaten Sampang, Kamis (8/8).

Penutupan TMMD klai ini ditandai dengan pelepasan pita Satgas TMMD secara simbolis oleh Inspektur Upacara, KS Pangkoarmada II Laksma TNI Akhmad Heri Purwono, S.E.,M.M.

Hadir dalam acara tersebut Danrem 084/BJ Kolonel Inf Sudaryanto, Asops Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo, S.E,  Asops Pasmar 2 Kolonel Mar Edi Prayitno, Danyon Arhanudse-8/MBC Letkol Burhan Fajar Arfian S. Sos., Kasrem 084/BJ Letkol Inf Hery Suprapto, Dandim 0828 / Sampang Letkol CZI Ary Syahrial, Dandim 0826/ Pamekasan Letkol Inf M.Efendi, Dandim 0827/Sumenep Letkol Ato Sudiatna, Dandim 0829 / Bangkalan Letkol Armed Dodot Sugeng Hariadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Sampang serta sejumlah pejabat Forkompinda Kabupaten Sampang dan undangan lainnya.

Dalam amanat Panglima Kodam V / Brawijaya yang dibacakan KS Pangkoarmada II menyampaikan Program TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980.

Pelaksanaan kegiatan TMMD setiap tahunnya direncanakan melalui mekanisme Bottom Up Planning, guna menampung Aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung program pembangunan nasional adalah turut serta pada kegiatan TMMD ke 105 TA 2019 yang diselenggarakan selama 30 hari mulai tgl 10 Juli s.d 8 Agustus 2019.

Kegiatan TMMD ke 105 tahun 2019 kali ini dilaksanakan di 5 wilayah Kabupaten antara lain, Kab. Trenggalek, Kab. Blitar, Kab. Bojonegoro, Kab. Banyuwangi dan Kab. Sampang. Yang didukung dari Dinas-dinas Pemda setempat.

“Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, tema tersebut sangat relevan sesuai dengan Amanat dalam UU TNI Nomor 34 Tahun 2004, khususnya tentang tugas TNI pada OMSP.

“Sejarah membuktikan bahwa TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan. Sampai kapanpun, Roh TNI adalah rakyat, karena tanpa rakyat TNI bukanlah apa-apa,” terangnya.

Panglima Kodam V / Brawijaya lanjutnya, selaku penanggungjawab Operasi TMMD mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Pemda, masyarakat, serta semua pihak yg terlibat TMMD ke 105 tahun 2019. Dan menyampaikan pesan dan harapan Pertahankan semangat kebersamaan, gotong royong dan kemanunggalan TNI-Rakyat selalu hadir dan membantu menyelesaikan masalah serta kesultanan rakyat.

“Pelihara hasil program TMMD ke 105 ini, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang panjang, kepada para prajurit Satgas TMMD, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan kerja keras kalian selama pelaksanaan TMMD,” pubgkasnya.

Sementara itu Komandan  Lanal Batuporon menjelaskan, bahwa dalam kegiatan TMMD Reguler ke-105 ini, dari Lanal Batuporon sendiri menerjunkan personilnya sejumlah 30 orang.

“Prajurit Lanal Batuporon   bergabung dengan anggota Kodim 0828/Sampang untuk mengerjakan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni di desa Ketapang Kabupaten Sampang,” pungkasnya.