506 Calon Prajurit TNI AL Gelombang II Penerimaan Tahun 2019 Panda Makassar Jalani Tes Kesehatan I

Makassar, Calon prajurit TNI AL Gelombang II penerimaan pendaftaran tahun 2019 Panitia Daerah (Panda) Makassar menjalani tes kesehatan I bertempat di Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VI, Senin (05/08/2019).

Sebelumnya, sebanyak 506 pendaftar ini telah dinyatakan lulus seleksi administrasi yang selanjutnya akan menjalani tes kesehatan I hingga 07 Agustus 2019 mendatang. Adapun jumlahnya terdiri dari 242 Calon Bintara (Caba) Pria, 82 Caba Wanita (Cabawan) dan 182 Calon Tamtama (Catam).

“Untuk hari ini, yang akan menjalani tes kesehatan I terdiri dari cabawan yang berjumlah 82 orang dan Caba pria berjumlah 120 orang yang dibagi dalam 10 kelompok. Untuk sisanya yaitu caba pria dan Catam akan melaksanakan tes kesehatan I pada tanggal dan hari selanjutnya,” kata Kadiskes Lantamal IV Makassar, Mayor Laut (K) drg. Heri Herliana Sp. BM, M.H.Kes, Mtr. (Opsla),.

Ada pun materi tes kesehatan ini meliputi pemeriksan tinggi dan berat badan, tekanan darah, tes warna, visus mata, kesehatan gigi dan kesehatan umum lainnya.

Menurut Aspers Danlantamal VI Kolonel Laut (S) Mulyawan, S.E., test kesehatan merupakan salah satu persyaratan kelulusan yang wajib dijalani bagi seluruh calon yang mendaftar. Setelah para calon dinyatakan lulus kesehatan, maka akan mengikuti tahapan tes selanjutnya uji jasmani, mental ideologi, psikologi, penentuan akhir (pantukhir) daerah.

“TNI AL dalam menjalankan proses rekrutmen prajurit secara profesional, objektif dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ketat untuk mendapatkan Calon Bintara Pria/Wanita serta Calon Tamtama terbaik yang akan mengawal laut Nusantara yang kita cintai ini,” tambah Aspers Danlantamal VI.