LOMBA BALAP KARUNG MERIAHKAN ACARA SPORT DAY SATGAS LATMA CARAT 2019

Koarmada II – Surabaya, 2 Agustus 2019

Lomba Balap Karung yang menjadi ciri khas lomba tradisional jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ikut meriahkan acara Sport Day atau olahraga bersama prajurit Koarmada II dan prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy), sebelum mereka melaksanakan Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness and Training atau disingkat Carat tahun 2019 .

Kegiatan yang digelar di Lapangan Olahraga Komando Latihan (Kolat) Koarmada II pada Jumat (02/08/19) ini diikuti oleh perwakilan anggota Satgas Latma Carat 2019 dari masing-masing delegasi. TNI AL diwakili oleh anggota dari KRI R.E. Martadinata -331, KRI Sultan Iskandar Muda-367,dan juga KRI Nala-363. Sementara dari US Navy diikuti oleh personel gabungan US Navy dan US Marine Corps

Usai melaksanakan pemanasan yang dipandu oleh Tim Jasrek Koarmada II, kegiatan segera berlanjut dengan Lomba Balap Karung. Lomba tradisional khas  Indonesia ini sengaja diadakan bagi peserta Satgas Carat 2019, untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus.

Dalam lomba tersebut peserta dari dua delegasi dicampur hingga membentuk empat tim, dimana mereka harus melompat secara estafet untuk mencapai finish. Tentunya ini menjadi hal menarik bagi peserta dari US Navy yang baru pertama kali mengikuti lomba tersebut. Alhasil perlombaan berjalan meriah, seru, dan penuh semangat.

Setelah seru mengikuti Balap Karung, kembali para peserta disuguhkan dengan lomba tradisional Indonesia yang tidak kalah seru dan menarik yakni Lomba Bakiak. Peserta yang terbagi dalam empat kelompok harus ekstra kompak untuk menjadi yang tercepat mencapai garis finish.

Selesai seru-seruan di Lomba Balap Karung dan Bakiak, kekompakan dan kekuatan fisik peserta kembali diuji lewat Lomba Tarik Tambang. Dalam lomba ini pun masih berjalan seru sebab semangat seluruh peserta Sport Day belum kendur. Setelah menyelesaikan perlombaan,para peserta Sport Day Carat 2019 bergeser menuju gedung olahraga Kolat Koarmada II, untuk mengikuti pertandingan Bola Voli yang juga sebagai kegiatan penutup.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah,  Dansatgas Carat 2019 Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro mengungkapkan jika kegiatan olahraga bersama ini sengaja diadakan sebagai upaya membuat hubungan antar personel dari kedua negara yang terlibat latihan menjadi lebih akrab, kompak dan solid sehingga mempermudah komunikasi yang berujung pada keberhasilan pelaksanaan latihan bersama yang telah terlaksana secara intensif sejak tahun 1995 ini.

“ Sengaja dalam olahraga bersama ini kita masukkan unsur lomba tradisional seperti Balap Karung, Bakiak, dan Tarik Tambang dengan tujuan selain mengenalkan budaya Indonesia, juga untuk mempererat hubungan antar personel baik dari TNI AL dalam hal ini Koarmada II dengan US Navy. Karenanya tidak ada yang kalah atau menang dalam lomba yang digelar, tetapi yang ada adalah rasa pertemanan dalam kerjasama “, tandas Agam, sapaan akrab Dansatgas Carat 2019 yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II.

 Dinas Penerangan Koarmada II