JELANG KEBERANGKATAN SATGAS KARTIKA JALA KRIDA 2019 TERIMA PEMBEKALAN DARI SOPSAL

Koarmada II. Surabaya, 01 Agustus 2019

Jelang keberangkatan untuk berlayar keliling Asia dan Australia,  Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida 2019 mendapat pembekalan dari pejabat Staf Operasi Angkatan Laut (Sopsal), di Auditorium Gd. Mandalika Komplek Ki Hajar Dewantara AAL. Kamis (01/08/2019).

Pada pembekalan tersebut Paban II Ops Sopsal Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M. dan Paban IV Sopsal Kolonel Laut (E) Ari Hendrawan, S.T hadir sebagai nara sumber.

Secara umum Kolonel Laut (P) Sawa, S.E., M.M.  menyampaikan bahwa pelayaran ini memiliki arti penting bagi para Taruna dan Taruni, sebab selain sebagai media latihan dan praktek, mereka memiliki tugas diplomasi TNI AL dengan memperkenalkan visi pemerintah Indonesia yakni Global Maritime Fulcrum

Sementara kepada Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.(Han) beserta ABK, Kolonel Sawa mengingatkan tentang Aspek Operasi terutama cuaca yang saat ini sulit diprediksi. Juga pentingnya menjaga kesehatan dan material selama pelayaran yang akan belangsung selama kurang lebih 96 hari, yakni dari tanggal 5 Agustus – 9 November 2019.

Sedangkan Paban IV Sopsal Kolonel Laut (E) Ari Hendrawan menyampaikan bahwa pelayaran ini menjadi ajang bagi Taruna dan Taruni AAL angkatan ke 66 untuk menambah wawasan dan pengalaman.

Kartika Jala Krida 2019 akan membawa 103 Taruni dan Taruni  AAL  menuju  Filipina, Jepang, Korea Selatan, Cina, Thailand, Myanmar, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Australia. Adapun total jarak yang akan ditempuh sejauh 13.775 mil.

Ikut hadir dalam acara tersebut antara lain Asops Koarmada II, Asintel Koarmada II, Dansatban Koarmada II dan Palaklat KJK 2019.

Dinas Penerangan Koarmada II