TIM UJI SPOTMAR MABESAL TINJAU BINPOTMAR KREATIF LANTAMAL XIII KOARMADA II DI JUWATA TARAKAN BARAT

TARAKAN – Rabu (17/07/2019) pada pukul 09.15 Wita Tim Uji dari Staf Potensi Maritim Mabesal meninjau acara Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) Kreatif yang di selenggarakan oleh Dinas Potensi Maritim Lantamal XIII berupa demo Cabut Duri Ikan Bandeng yang diselenggarakan di SMK Negri 3 Jl. Karya bersama Rt. 18 Juwata Laut Tarakan Barat Provinsi Kalimantan Utara.


Tim Uji dari Mabesal tersebut adalah Kolonel Marinir Yuliandar Tuah (Paban 3 Tahwilmar Spotmar Mabesal) dan Mayor Laut Very (Pabandya Tahwilmar Spotmar Mabesal) yang kedatangannya di SMK Negeri 3 disambut dengan Jajar Kehormatan SMA Hang Tuah Tarakan dan SMKN 3 Tarakan serta pengalungan bunga oleh perwakilan Siswa SMKN 3 Tarakan.

Dalam pelaksanaan peninjauan tersebut Tim Uji menyaksikan pelaksanaan Demo Cabut Duri Bandeng yang dilakukan oleh para Siswa dan Jalasenastri Korcab XIII DJA II yang juga ikut andil dalam pelaksanaan pengolahan hasil Sumberdaya Laut yaitu Ikan Bandeng. Pada acara tersebut para panitia juga menunjukkan semua makanan hasil olahan sumber daya laut baik ikan maupun rumput laut.


Tim Uji menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya atas atusias dan semangat para peserta dalam melaksanakan cabut duri bandeng. Beliau yakin, bahwa bandeng Tarakan akan terkenal hingga ke luar Tarakan, dan beliau terkesan dengan hasil olahan berbahan bandeng, udang dan rumput laut khas Tarakan. Beliau berpesan agar semua hasil olahan selalu meningkatkan mutu, memperhatikan nilai kesehatan dan memberikan label dr BP POM dan label kandungan gizi pada setiap kemasan, dengan demikian produk olahan dari Tarakan nantinya akan terkenal dan mampu besaing dengan produk-produk dari luar.


Turut hadir dalam peninjauan tersebut Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E., Para Asisten Danlantamal XIII, Danyomarhanlan XIII, Kadiskes, Kadisbek, Kadisang Lantamal XIII dan Kasatkom Lantamal XIII. Turut mendukung kegiatan acara tersebut Ketua Korcab XIII DJA II dan Pengurus, Kasi SMK Bpk Hamdani dan Kasi SMA Bpk Mahmudin dari Disdikbud Provinsi Kaltara Cabang Tarakan Bunyu, Kepala Sekolah SMK 3 beserta jajaran Guru.

Selesai meninjau pelaksanaan demo Cabut Duri Bandeng, Tim Uji Spotmar Mabesal juga berkenan meninjau Mako Lantamal XIII Tarakan baru di Mamburungan serta meninjau proses pembangunan Jembatan dan WC Umum serta lokasi penanaman pohon mangrove di kelurahan Mamburungan dalam rangka Karya Bhakti TNI AL TA. 2019.

Dispen Lantamal Xlll Koarmada ll.