LANAL PULAU ROTE MEMBANTU SEKOLAH-SEKOLAH DALAM KEGIATAN MPLS 2019.

Dulu ditiap tahun ajaran baru sebelum aktif dalam kegiatan belajar mengajar disekolah, para siswa biasanya akan mengikuti Masa Orientasi Sekolah atau  akrab dengan sebutan MOS, namun semenjak tahun 2016 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 MOS diganti  dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan MPLS bersifat edukatif, berbeda dengan sistem MOS yang kerap terdapat kegiatan yang bersifat kekerasan atau bahkan bersifat memalukan. sesuai peraturan, kegiatan-kegiatan yang wajib dalam pelaksanaan MPLS yaitu  kegiatan pengenalan visi, misi, program kegiatan, tata tertib sekolah, pengenalan fasilitas sekolah, pengenalan etika, Disiplin dan kegiatan lain yang berkaitan dengan edukasi.

Sesuai perintah Panglima TNI tentang partisipasi parajurit TNI untuk membantu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah  (MPLS) bagi siswa/ siswi baru tahun ajaran  2019.

Lanal Pulau Rote beserta Posal-Posal di bawah jajarannya melaksanakan kegiatan tersebut dengan sasaran beberapa Sekolah menengah  pertama dan Sekolah Menengah  yang ada di Kabupaten Rote Ndao kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur.  Sekolah-sekolah tersebut adalah SMP Satu Atap Deranitan, di SMA Negri 1 Rote Timur, SMK Kencana Sakti Kecamatan Rote Barat Daya Kabupaten  Rote Ndao  dan SMU Negeri 1 Sabu Barat, SMUN 1 Sabu Timur Kabupaten Sabu Raijua serta MTSN Waingapu Kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan MPLS dilaksanakan selama 2 hari   ini, dengan Pembina dari personel Lanal Pulau Rote, Posal Papela, Posal Sabu dan Posal Waingapu dengan materi yang diajarkan meliputi Latihan PBB, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan  pemutaran film tentang TNI AL serta evaluasi dan tanya jawab.

Dalam kegiatan MPLS  Komandan Lanal Pulau Rote  Letkol Laut (P) Akhmad Saifuddin Z, MTR HANLA  didampingi Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab VII DJA II Ny. Akhmad Alif memberikan juga bantuan bahan kontak berupa buku tulis, buku cerita, Kalender TNI AL dan Mabes TNI kepada  SD  Inpres Deranitan, SMP  Satu Atap Deranitan, SMPN Batutua, SMPN Lidamanu dan SMK kencana sakti Sakti  Rote Barat Kabupaten Rote Ndao.