KOARMADA II JADI TUAN RUMAH MPLS 1.200 SISWA SMA SE-JATIM

Koarmada II. Surabaya, 16 Juli 2019

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Camp MPLS SMA se – Jawa Timur, yang diikuti sebanyak 1.200 siswa bertempat di Dermaga Madura Markas Koarmada II, Surabaya. Selasa, (16/07/2019).

Dalam acara pembukaan MPLS tersebut,  Gubernur Jawa Timur memakaikan kartu tanda peserta ke beberapa orang perwakilan dari peserta MPLS 2019.

Dalam sambutannya orang nomor satu di Jawa Timur ini menyambut baik kegiatan MPLS bagi siswa siswi yang baru saja menginjak bangku sekolah menengah atas tersebut.

” Terbanglah tinggi anak-anakku,  lari lah sejauh-jauhnya anak-anakku..bawalah merah putih berkibar setelah kalian sukses nanti. Tanamkan dalam hati kalian bahwa kalian anak-anak Indonesia yang siap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya bangga dengan kalian,  dan kalian tentunya bangga dengan Indonesia “, tegas Khofifah,  sapaan akrab Gubernur Jawa Timur ini kepada para peserta MPLS 2019.

Sesuai dengan tema MPLS kali ini yaitu, “Melalui MPLS Kita Perkuat Karakter Kebangsaan, Cinta Tanah Air, dan Bela Negara Dalam Mewujudkan Cita-cita Nasional Di Era Revolusi Industri 4.0 “, MPLS yang diperuntukan bagi seluruh siswa-siswi SMA kelas X se-Jatim ini bertujuan untuk lebih mengenalkan jati diri bangsa Indonesia, menumbuhkan wawasan berkebangsaan, menumbuhkan semangat bela negara, menumbuhkan sikap anti radikalisme, lebih mengenalkan Alutsista dan tradisi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yaitu dengan kegiatan Ceramah, Latihan atau praktek, Games Interaktif serta Wisata Edukasi TNI Angkatan Laut.

Sementara itu sebagai tuan rumah, Panglima Koarmada II Laksda TNI Mintoro Yulianto,  S. Sos, M. Si  juga menyambut positif penyelenggaraan MPLS ini.  Menurut orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini,  pendidikan karakter merupakan proses pembentukan kepribadian yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, sprilitualitas, dan kepribadian seseorang.

 “Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa, kecerdasan emosional, spiritual, dan kepribadian itu penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi”, tandas Pangkoarmada II.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa kegiatan MPLS merupakan wujud nyata dalam upaya memaksimalkan implementasi pendidikan provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Koarmada II untuk memberikan pembekalan tentang jati diri bangsa, wawasan kebangsaan serta bela negara kepada segenap generasi penerus bangsa.

Kegiatan MPLS merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II, yang berlangsung selama tiga hari di Mako Koarmada II,yakni terhitung sejak 16 hingga 18 Juli 2019. Pada kegiatan MPLS tersebut, seluruh peserta akan di messingkan di atas KRI dr.Soeharso – 990, dan KRI Teluk Ende-517.

Dinas Penerangan Koarmada II