Palaksa Lanal Batuporon Hadiri Upacara Pembukaan TMMD Ke-105

Palaksa Lanal Batuporon Hadiri Upacara Pembukaan TMMD Ke-105

Lantamal V (11/7), —

Palaksa Lanal Batuporon Mayor Laut (E) Kangiadi mewakili Komandan Lanal Batuporon, Lantamal V, Koarmada II,  Letkol Laut (P) Teguh Wibowo M. Tr. Hanla menghadiri Upacara Pembukaan TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) Ke-105 Wilayah Kodim 0828/Sampang dengan tema “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” , dilapangan Desa Pangreman Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang, Kamis (11/7).

Dalam Pembukaan TMMD tersebut selaku Inpektur Upacara Bupati Sampang H.Achmad Junaidi dan sebagai Komandan Upacara Danramil 0828/02 Camplong Kapten Inf Supriyadi serta diikuti peserta upacara dari 3 Ton Kodim 0828 Sampang 1 Ton Yon Arhanudse 8 Gedangan Sidoarjo, 2 Ton Menbanpurmar 2 Karang Pilang Sby, 1 Ton Lanal Batuporon, 2 Ton Polres Sampang, 1 Ton Satpol PP Kab.Sampang, 1 Ton Linmas Kab Sampang, 2 Ton Saka Wira Kab.Sampang, 1 Ton SMA Al Miftah Kab.Sampang, 1 Unit Genderang Suling Pemkab.Sampang.

Bupati Sampang membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur yang intinya bahwa pelaksanaan TMMD ini diharapkan akan mencapai hasil yang optimal sebagaimana yang telah direncanakan bersama dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat sejalan dengan semangat yang tertuang dalam tema TMMD ke 105 tahun 2019 yaitu bersama tmmd membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

TMMD dalam sejarah pelaksanaannya merupakan bentuk pengejawantahan kemanunggalan TNI dengan rakyat sejarah panjang kemanunggalan ini sudah dimulai sejak zaman perjuangan meraih kemerdekaan hingga saat ini,  kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui pelaksanaan kegiatan TMMD merupakan wujud nyata pengabdian TNI kepada Bangsa dan Negara di luar tugas utama TNI sebagai penjaga kedaulatan Negara.

Pelaksanaan kegiatan TMMD merupakan sebuah program pembangunan bersifat lintas sektoral yang melibatkan seluruh komponen pembangunan bangsa baik dari Kementerian / lembaga pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan masyarakat yang menjadi lokasi sasaran kegiatan. Artinya Program TMMD merupakan sebuah Sinergi yang kuat secara bersama-sama antara TNI dengan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dalam rangka memperluas dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan masyarakat Jawa Timur khususnya.

Berbekal jiwa dan semangat gotong royong masyarakat TNI pemerintah provinsi dan kabupaten di semua lokasi sasaran TMMD memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung pelaksanaan kegiatan baik fisik maupun non fisik.

TMMD bukan semata-mata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa melainkan juga menumbuhkan semangat percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

Tantangan yang dihadapi saat ini sudah tidak lagi berbentuk imperialisme asing melainkan hilang nya batas teritori sebuah Negara karena perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi, yang terjadi di negara lain juga kita merasakan dampak dan akibatnya di Indonesia bahkan Sampek pelosok desa, oleh karena itu melalui program TMMD sangat diharapkan menjadi salah satu upaya membangun perisai diri bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan kemajuan jaman.

Dengan Mengucapkan Bismillah  pada hari tanggal 11 Juli 2019 TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 105 di lokasi sasaran dibuka secara resmi.

Turut Hadir dalam Upacara  Kolonel inf Sudaryanto (Danrem 084/BJ) Kolonel Mar, Tomi Tandi Pajung (L kodam V/BRW), Letkol CZI Ary Syahrial, SE (Komandan Kodim 0828 / Sampang),  AKBP Budi Wardiman, SH.,SIK.,MH (Kapolres Sampang), H. Slamet Junaidi (Bupati Sampang), Maskur, SH (Kajari Sampang), H. Abdullah Hidayat SE (Wakil Bupati Sampang), Letkol inf M Effendi (Dandim 0826/ Pamekasan), Letkol Kav Arief Cahyo Widodo (Dandim 0816 / Sidoarjo), Letkol inf Ato Sudiatna (Dandim 0827 / Pamekasan), Letkol Amr Dodot Sugeng Haryadi (Dandim 0829 / Bangkalan), Mayor Laut (E) Kangiadi (Palaksa Lanal Bpo mewakili Danlanal Bpo), Kolonel Czi Wahyono (Aster Dam V / Brw), Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin (Danyon 516 / Mikanik), Letkol Mar, Agus SH, Mm (Paban tik Pasma 2) tokoh Adat, Tokoh Agama serta para tamu undangan lainnya.