BJRB TNI AL 2019 LANTAMAL VII DIAKHIRI DENGAN KEGIATAN BHAKTI SOSIAL KESEHATAN, BERSIH-BERSIH PANTAI DAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT

Dengan mengambil lokasi di pantai Oesina Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang,  Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) resmi ditutup oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VII  Kolonel Laut (P) M.Nazif (Kamis 11 Juli 2019).

112 peserta BJRB  selama 4 hari mereka di bekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, meliputi  Pengenalan TNI AL kehidupan dikapal perang dan  Kebaharian, motivasi dalam berkarya, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba, bintal Juang dan kebangsaan, dayung perahu karet, Survival, Dampak Penggunaan IT dan medsos, Outbond, bimbingan jasmani, Bimbingan mental dan rohani, Bakti Sosial dan bersih-bersih pantai dan juga budidaya rumput laut.

Dalam kegiatan  BJRB dilaksanakan juga Bakti sosial kesehatan (pengobatan Gratis) oleh Tim medis dari Rumah Sakit TNI AL Samuel J.Moeda Kupang, sasaran Bakti sosial kesehatan  adalah masyarakat  nelayan dan pesisir yang berdomisili di sekitar pantai Oesina.

Danlantamal VII  Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang,S.H. dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal VII mengatakan bahwa, fakta historis menunjukkan bahwa generasi muda merupakan kekuatan yang sangat potensial dalam proses pembangunan bangsa, oleh karena itu segenap komponen bangsa perlu bersinergis dan aktif dalam membentuk Karakter generasi muda yang handal, kreatif dan generasi muda khususnya di NTT mereka harus tau bahwa secara geografis mereka tinggal di daerah Kepualauan yang dikelilingi oleh laut, dimana laut memiliki potensi kekayaan yang luar biasa, untuk itu salah satu materi yang diberikan dalam kegiatan BJRB 2019 adalah proses budidaya rumput laut, mulai dari pemilihan bibit rumput laut, cara mengikat dan cara menanam rumput laut.

Amanat Danlantamal VII diakhiri dengan mengucapakan terimaksih kepada seluruh Pembina, Instruktur  dan panitia BJRB TNI AL 2019 yang mendampingi peserta BJRB mulai dari awal hingga penutupan semuanya berjalan sesuai dengan rencana, ucapan terimaksih juga disampaikan kepada pimpinan sekolah yang anak didiknya mengikuti BJRB TNI AL 2019. Siswa siswi SMP dan SMA di Wilayah kota kupang dan kabupaten kupang mereka sudah  terlihat adanya kualitas kepemimpinan, kualitas kedisiplinan dan mental serta memiliki pengetahuan tentang dunia maritim mereka akan menjadi contoh dilingkungan sekolah nanti.

Hadir dalam upacara penutupan BJRB TNI AL 2019 para Asisten Danlantamal VII, para Kasatker, Dansatrol Lantamal VII, Danyonmarhanlan VII, kepala BUMN, Perwakilan Dispora, Dirpoltek KP, Camat Baktate, Kapolsek Baktate dan para kepala sekolah.