Wadan Lantamal V Buka Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019

Wadan Lantamal V Buka Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019

Lantamal V (10/7), —

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V), Koarmada II, Wadan Lantamal V mewakili Komandan Lantamal  V Laksamana Pertama TNI Edwin, S. H,. M, Han membuka Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019 di Gedung Serba Guna (GSB) Mako Lantamal V (10/7).

Di hadiri Para Asisten Danlantamal V, Para Kasatlak Jajaran Lantamal V, Para Guru Pembimbing, segenap panitia BJRB tahun 2019, Para Perwira, Bintara,  serta adik-adik peserta Bintal Juang Remaja Bahari yang saya cintai dan saya banggakan.

Setelah lebih dari setengah abad kita  hidup di alam kemerdekaan, bangsa Indonesia masih belum mampu memanfaatkan kekayaan potensi alam yang dimilikinya dengan baik dan bahkan ketinggalan langkah dibandingkan  dengan negara-negara sekawasan. bah-kan ironisnya sebagai negara maritim yang besar, bangsa indonesia meninggalkan visi maritimnya dan berorientasi pada visi kontinental seperti yang kita rasakan selama ini.

Kita menyadari bahwa pembangunan kelautan mencakup berbagai aspek dan melibatkan berbagai disiplin ilmu, sehingga keberhasilannya membutuhkan peran aktif segenap komponen bangsa untuk bersama-sama memberikan kontribusi maksimal bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup bangsa indonesia.

Dengan dilaksanakan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2019 bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa indonesia sebagai bangsa bahari dengan maksud menumbuh-kembangkan sisi maritim dan jiwa kebaharian kepada generasi muda sedini mungkin.

 Disisi lain kegiatan bjrb tni al tahun 2019 mempunyai makna yang penting yaitu sebagai wahana efektif untuk mempererat tali persaudaraan para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada allah subhanahu wata’ala  sehingga bangsa indonesia dapat memiliki generasi muda yang beraklak terpuji, berbudi luhur dan menjadi generasi muda yang cinta bahari.

BJRB juga merupakan wahana yang tepat untuk menumbuh-kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas.

 Materi yang diberikan para pendidik dan pelatih diharapkan dapat menggugahkembali jiwa dan semangat bahari para peserta sebagai generasi muda, dengan demikian diharapkan mereka dapat memanfaatkan laut dengan kekayaan yang terkandung didalamnya bagi kesejahteraan bangsa indonesia sebagai negara kepulauan.

Indonesia sangat membutuhkan pemuda-pemudi tunas bangsa yang handal dan yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menggali dan memanfaatkan potensi kelautan yang ada.

Peserta BJRB tahun 2019 kali ini sebanyak 204 orang terdiri dari pelajar sltp dan slta dari berbagai kota di jawa timur dan jawa tengah  yaitu diantaranya trenggalek, bangkalan, kediri, surabaya, yogyakarta dan indramayu tentunya pada awalnya kalian tidak mengenal satu dengan lainnya, oleh sebab itu pada kesempatan yang baik ini melalui kegiatan bjrb kalian bisa mengenal satu dengan yang lainnya dan mempererat tali silahturahmi antar peserta sehingga tercipta sebuah kekompakan antar generasi muda yang sedang melaksanakan kegiatan BJRB.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, kalian akan menerima materi kepemimpinan pancasila, kesadaran bela negara, pengetahuan penyalahgunaan narkoba, pramuka saka bahari, sejarah kebaharian,  kerukunan umat beragama, psikologi pendidikan, outbound low, pengenalan alat selam, pengenalan kri dan joy sailing.

pelaksanaan bintal juang remaja bahari kali ini diharapkan dapat  membentuk watak kalian  dengan keimanan dan ketaqwaan yang tulus, sikap kebersamaan, senasib dan sepenanggungan yang tidak pernah luntur, pekerja keras yang tekun  dan bersahaja, serta bijak dalam menetapkan tujuan dan keinginannya bagi kepentingan bangsa dan negara. gunakan dengan sebaik-baiknya waktu dan kesempatan yang ada, supaya kegiatan ini membawa manfaat dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan para peserta BJRB.

Dengan mengucap “Bismillahirrohmaanirrohiim pelaksanaan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari TNI AL tahun 2019 di Lantamal V “saya nyatakan dibuka.