POSAL SABU YANG BERGABUNG DALAM TIM SAR MELAKSANAKAN SAR TERHADAP KAPAL YACHT YANG BOCOR

 

Lanal Pulau Rote –  Kapal Yacht bernama Lost yang dinakhodai oleh Antony Heritos warga negara Australia mengalami kebocoran di bagian lunas saat akan berlayar dari Sabu menuju Kupang Nusa Tenggara Timur, (Selasa 09 Juli 2019)

Posal Sabu  dan BPBD Kabupaten Sabu Raijua menerima berita dari ABK Kapal Yatch bahwa kapal Yatch mereka mengalami kebocoran di bagian lunas pada titik koordinat  10° 06′ 55.22” S – 121° 55′ 52.14” E . Dengan menggunakan kapal  milik Kecamatan Sabu Timur KM. Jaya Samudera 71, Tim SAR gabungan Posal  Sabu BPBD Kabupaten Sabu Raijua langsung melaksanakan pencarian pada titik koordinat yang diberikan oleh ABK kapal Yacht.

Pencarian terhadap Kapal Yacht Lost  pada lokasi tersebut tidak ditemukan,  sehingga Tim SAR gabungan Posal Sabu BPBD memutuskan untuk kembali ke Sabu. Berita  kapal yacht yang mengalami kebocoran diteruskan kepada Basarnas Kupang, Basarnas Kupang  langsung merespon dengan menggerakan satu unsur kapal SAR KN. SAR ANTAREJA menuju titik koordinat  tersebut.

hari Rabu tanggal 10 Juli 2019, KN. SAR ANTAREJA  berhasil menemukan kapal Yacht Lost,  Tim SAR melaksanakan evakuasi ABK dan kapal  Yacht yang bocor dikawal menuju pelabuhan Seba. ABK diserahkan ke BPBD Kabupaten Sabu Raijua untuk perawatan lebih lanjut sedangkan kapal Yacht Lost dilegokan untuk perbaikan bagian yang rusak.

Data Kapal Yacht yang mengalami kebocoran

  1. Nama Kapal  :  Lost
  2. Jenis Kapal   :  Kapal Yacht
  3.  GT                  :  7 GT
  4. Bendera         : Australia
  5. Nahkoda        :  Antony Heritos( Australia) PA 6777476
  6. ABK               : 5 orang (Yotan, Mabir, Lobo,Yanto dan Ayu) ke lima ABK   warga negara Indonesia