Komandan Lanal Denpasar Hadiri Peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa – Bali Tahun 2019

Komandan Lanal Denpasar Hadiri Peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa – Bali Tahun 2019

Lantamal V (8/7), —

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada II, Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, menghadiri upacara Perang laut pertama pada masa perjuangan kemerdekaan atau dikenal dengan operasi lintas laut Jawa – Bali, diperingati dengan sebuah upacara sebagaimana disebut sebagai Peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali Tahun 2019 yang baru saja digelar di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Prov. Bali Senin (8/7).

Tampak menghadiri upacara yang diinspekturi oleh Bupati Kab. Jembrana Bpk. I Putu Arta tersebut serta selaku Komandan Upacara Mayor Laut (PM) Bondan Kejawan, SH. (Dandenpomal Lanal Denpasar).

Turut hadir pula dalam upacara yaitu Danlanal Banyuwangi, Dandim 1617/Jembrana, Danyon 741 Jembrana, Kapolres Jembrana, Kajari Kab. Jembrana, seluruh pimpinan FKPD Kab. Jembrana, unsur TNI AD dan TNI AL, Kepolisian, Satpol PP, Kantor SAR Kab. Jembrana serta ratusan pelajar dari beberapa sekolah di Kab. Jembrana serta keluarga dari pejuang yang memimpin operasi almarhum Kolonel Markadi juga turut hadir dalam peringatan yang digelar setiap tahun tersebut.

Upacara peringatan Hari Operasi Lintas Laut Jawa-Bali ini memang dilakukan setiap tahun untuk mengenang suatu peristiwa bersejarah yaitu pertempuran laut yang sangat hebat dalam perjuangan melawan penjajah sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang telah berhasil diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Ucap Bupati Jembrana dalam amanatnya.

Salah satu peristiwa yang mewarnai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia yaitu terjadinya pertempuran laut di Selat Bali pada tanggal 4 April sampai dengan 4 Juli tahun 1946. Pada saat itu, pejuang Indonesia yang tergabung dalam Pasukan “M” di bawah pimpinan Kapten Markadi kala itu hendak menyusup ke Bali dengan menggunakan perahu seadanya dari Banyuwangi. Dalam pertempuran ini, sejumlah pejuang gugur yang sekarang nama-namanya diabadikan dalam Monumen Lintas Laut Cekik Gilimanuk. Tambahnya.

Di akhir kegiatan upacara tersebut Bupati Kab. Jembrana berkesempatan memberikan bantuan berupa bingkisan paket belajar yang diberikan langsung kepada Paud dan TK se Kab Jembrana.