Pangkalan TNI AL Denpasar Bali Amankan Kunjungan Kapal Perang Amerika USS Patriot (MCM-7)

Pangkalan TNI AL Denpasar Bali Amankan Kunjungan Kapal Perang Amerika USS  Patriot (MCM-7)

Lantamal V (2/7), —

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar, Lantamal V, Koarmada II, menyambut kedatangan Kapal perang Negara Amerika Serikat (USA) USS. Patriot (MCM-7) telah tiba dan sandar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Prov. Bali. Selasa (2/7).

Kedatangan kapal perang tersebut disambut langsung oleh Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Bambang Abdullah Basuki Rahmat dengan didampingi oleh Pasintel, Dandenpomal, Ka Akun, Kaurlid Sintel dan Kasyahal Lanal Denpasar serta Atase Militer dari negara Amerika.

Kunjungan kapal perang USS. Patriot (MCM-7) ke Prov. Bali merupakan kegiatan Routine Port Visit atau kunjungan pariwisata rutin yang dilaksanakan tiap tahun, seluruh kegiatan kapal dan kru sudah terjadwal sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan oleh Mabes AL Amerika selain itu juga untuk bersosialisasi dengan keluarga, masyarakat/warga yang berdomisili di Bali.

Dalam rangka melaksanakan pengamanan kunjungan kapal perang Amerika serta para kru yang melaksanakan pesiar tersebut, tidak kurang dari satu pleton prajurit Pangkalan TNI AL  (Lanal) Denpasar Bali dikerahkan dan ditempatkan di area Pelabuhan Benoa serta 1 Kapal Angkatan Laut (KAL) Catamaran yang siap melaksanakan pengamanan terhadap kapal perang negara Amerika tersebut selama berada di Prov. Bali.

Kapal perang USS. Patriot (MCM-7) berjenis Avenger-class mine countermeasures ship dikomandani oleh LCDR J.M. Volkle dengan jumlah kru sebanyak 80 orang, kapal ini dibuat oleh Marinette Marine, Marinette, Wisconsin. Diluncurkan pada tanggal 15 Mei 1990, bertugas pertama kali pada tanggal 13 Desember 1991. Kapal ini memiliki panjang 224 kaki (68 m), lebar 39 kaki (12 m), Draf 13 kaki (4,0 m) dengan tenaga penggerak 4 buah mesin diesel Isotta-Fraschini, 2 buah baling-baling pitch yang dapat dikontrol / dibalik, 2 buah kemudi, 2 buah motor listrik beban ringan hingga mampu mencapai kecepatan 14 knot (26 km / jam, 16 mph) serta dipersenjatai 2 buah M2 Browning 50, senapan mesin kal 2 x M60, senapan mesin 7,62 mm dan Peluncur granat 2 × Mk 19.

Pada saat penerimaan Komandan kapal perang Amerika disajikan tarian penyambutan yaitu tari Puspanjali yang diperagakan oleh 5 orang penari dari sanggar tari Kota Denpasar, usai penyambutan selanjutnya Komandan Kapal USS. Patriot (MCM-7), Palaksa, Pasintel dan Dandenpomal Lanal Denpasar melaksanakan foto bersama.