POS TNI AL ATAPUPU MEMBERIKAN BANTUAN AIR BERSIH UNTUK WARGA PERBATASAN

TNI Angkatan Laut (AL) melalui Pos AL Atapupu memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-Timor Leste, Yang sedang dilanda krisis Air. Danposal Atapupu, Letda Laut (T) Asri Rahim mengatakan, bantuan air bersih secara gratis itu diberikan kepada warga yang berada persis di pintu perbatasan lantaran mengalami krisis air saat musim kemarau seperti saat ini. Bantuan air kata Letda Asri begitu akrab dikenal diberikan kepada warga tepatnya Dusun Nanaeklot RT 002, RW 004, Desa Silawan. Sabtu (29/06/2019).

Dengan adanya bantuan air bersih ini harap Letda Asri dapat membantu warga di musim kemarau yang kekurangan air bersih. “Mungkin sedikit bisa membantu warga yang membutuhkan air bersih,” pintanya. Anggota yang diterjunkan dalam membantu bagi-bagi air bersih gratis yang berlangsung sekira pukul 16.30 Wita, itu diantaranya Serka Mes Domi B M, Serda Mar Rico, Pratu Mar Alwi dan Pratu Mar Rafly. Kondisi seperti ini hampir terjadi setiap tahun ketika memasuki musim kemarau. Ketika air minum dengan jaringan perpipaan macet, warga terpaksa menggambil air di sumber mata air yang jaraknya jauh dari permukiman penduduk. Hal ini diakui Kepala Desa Silawan, Ferdinandus Bili Mones saat dikonfirmasi.

Menurut Ferdinandus, di Desa Silawan ada lima dusun yang masih mengalami kesulitan air minum saat musim kemarau. Faktor utama adalah keterbatasan sumber air baku dan debit air di sumur bor berkurang saat musim kemarau. Meski masalah tersebut terjadi akibat perubahan iklim namun sebagai pemerintah desa harus bisa mencari solusi untuk melayani masyarakat. Langka kongkret yang diambil pemerintah desa adalah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk membantu memperbaiki sumur bor serta meningkatkan jaringan perpipaan. Dan Dinas PUPR siap membantu.Selain memperbaiki sumur bor, pemerintah desa juga mengusulkan kepada pemerintah kabupaten agar bisa mendistribusikan air minum bersih kepada masyarakat menggunakan mobil tangki saat musim kemarau.

Kata Ferdinandus, di Desa Silawan memiliki bak penampung air minum di setiap dusun sehingga tidak ada kendala saat mobil tangki dari pemerintah mendistribusikan air minum.