PD JALASENASTRI KOARMADA II RAIH PIALA WANITA INSPIRASI JALASENASTRI KE-6 KATEGORI BIDANG PENDIDIKAN

Koarmada II. Surabaya, 28 Juni 2019

Pengurus Daerah Jalasenastri Koarmada II berhasil meraih piala di ajang Penganugerahan Wanita Inspirasi Jalasenastri Ke-6 dalam kategori Bidang Pendidikan, yang dianugerahkan kepada Ny. Siti Habiba anggota Jalasenastri Cabang 8 Lanal Yogyakarta, Korcab V DJA II.

Piala tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji kepada Ny. Siti Habiba yang hadir didampingi oleh Ketua PDJA II Ny. Dien Mintoro Yulianto, pada acara Penganugerahan Piala Wanita Inspirasi Jalasenastri Ke-6 Tahun 2019 yang dihelat secara meriah di  Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (27/6).

Acara ini  sebagai bentuk apresiasi kepada wanita yang mampu bermimpi meraih masa depan yang lebih baik, percaya diri dan mandiri dalam mewujudkan cita-citanya, Jalasenastri memberikan penganugerahan penghargaan kepada anggotannya yang memiliki prestasi dibidang Pendidikan, Sosial Budaya, dan Wirausaha.

Dalam amanatnya saat membuka acara tersebut Ny. Manik Siwi Sukma Adji menyampaikan bahwa acara ini terinspirasi dari perjuangan RA. Kartini, beliau merupakan sosok pejuang emansipasi wanita yang berhasil mengajak kita semua semakin berpikir terbuka.

“Wanita tetaplah wanita dengan segala kemampuan, kewajiban dan kehebatannya, yang harus berubah adalah wanita harus menjadi sosok yang tangguh, namun tetap ajeg pada jati dirinya. Saat ini bukanlah lagi masanya wanita membatasi diri untuk mengembangkan potensi yang ada,” ujar Ketua Umum Jalasenastri.

Sementara itu Ny. Siti Habiba yang berhasil memenangkan juara I di kategori Pendidikan adalah istri dari KLK Pom Yuni Kurniawan, anggota Pom Lanal Yogyakarta yang berada dibawah komando Lantamal V di jajaran Koarmada II. Wanita kelahiran Merauke 47 tahun silam ini  memang tidak diragukan lagi kontribusi dan dedikasinya dalam mengembangkan pendidikan dasar bagi anak-anak Papua.

 

Meskipun dengan banyak keterbatasan, wanita kelahiran tahun 1972 ini, terjun ke masyarakat Asmat disekitar rumahnya yang sangat miskin. Anak-anak Asmat yang tinggal di Samkai sehari-hari mengisi kegiatan dengan bermain di tempat sampah. Hal ini yang membuat Siti tergerak mewujudkan cita-citanya membangun PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Bukan awal yang mudah buat Siti, karena tidak sedikit yang mencibir usaha Siti. Tapi Siti tidak menyerah begitu saja. Sampai pada tahun 2016 Ijin Operasional PKBM dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke dikantongi oleh Siti. Disusul kemudian dengan keluarnya NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

Tahun 2018 merupakan tahun yang membahagiakan bagi Siti, setalah 2 tahun lebih  usahanya membesarkan sekolah Weda Agletok Say ini, akhirnya  sekolah mendapatkan pengakuan Akreditasi C. Siti Habiba pada tahun yang sama masuk menjadi kandidat 13 Besar Se-Indonesia dalam Lomba Insan Peduli PAUD dan Dikmas  Riwayat usaha .

Selain Ny. Siti Habiba, PDJA II juga mengirimkan peserta lainnya sebagai nominator dalam ajang tersebut, yakni Ny. Yolan Fitri Ariyani anggota Jalasenastri Korcab XIII Lantamal XIII Tarakan. Ny. Yolan Fitri Ariyani masuk nominasi dalam kategori Bidang Sosial Budaya. Prestasinya cukup mumpuni sebagai guru Bahasa Inggris yang terampil dan gemulai dalam menari, sehingga ia juga mengajarkan seni tari kepada peserta didiknya. Selain itu Ny. Yolan juga tercatat sebagai pengajar dan pengurus Pramuka di Tarakan.

Sementara itu menanggapi prestasi yang berhasil ditorehkan oleh anggotanya, Ketua PDJA II Ny. Dien Mintoro Yulianto menyatakan rasa bangganya terhadap prestasi, kontribusi dan dedikasi keduanya. “ Ini membuktikan bahwa anggota Jalasenastri mampu memberi kontribusi besar yang berguna terhadap kehidupan masyarakat melalui potensi diri yang dimiliki dibidang Pendidikan, Sosial Budaya dan juga Wirausaha. Saya dan keluarga besar PD Jalasenastri Armada II bangga terhadap prestasi Ny. Siti Habiba, dan Ny. Yolan. Untuk ibu-ibu lainnya tetap semangat berkarya “, pungkas  Ketua PDJA II.

Dinas Penerangan Koarmada II