Dispotmar Mabesal Gelar Seminar Sehari Selam Kerja Bawah Air di Lantamal VI

Makassar, Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) menggelar Seminar Sehari Selam Kerja TA. 2019 di Gedung Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis (27/06/2019).

Adapun tema yang diusung pada seminar ini yaitu “Seminar Sehari Pelatihan Kerja Dalam Rangka Pembinaan Ketahanan Wilayah Guna Mendukung Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia” dan bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang kebijakan dan regulasi kepada masyarakat maritim pekerja bawah air agar menjadi penyelam kerja professional bertanggung jawab dan memiliki legalitas serta siap sebagai komponen cadangan yang diharapkan.

Dalam sambutan pembukaan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Mabesal Brigadir Jenderal TNI Marinir Donar Philip Rompas menyampaikan melalui seminar ini, ingin mengajak dan meyakinkan para peserta seminar menjadi lebih peduli ketika melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pekerjaan sebagai penyelam professional.

“Kegiatan Seminar ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang kebijakan pemerintah serta regulasi untuk melindungi penyelam kerja dari kecelakaan dan pemanfaatan profesi untuk perbuatan yang tidak bertanggung jawab serta merugikan Negara”, ujar Kadispotmar Mabesal tersebut.

Selanjutnya, Dalam sambutan Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) mengatakan Kegiatan ini dimaksudkan agar para penyelam lebih professional dalam bidang penyelaman guna mendukung Indonesia menuju Poros Maritim Dunia.

“Kepada para peserta, saya sampaikan agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah ilmu dan wawasan tentang dunia penyelaman. Simak dengan baik penyampaian dari pemateri seminar dan tanyakan hal-hal yang belum jelas agar nantinya dapat diaplikasikan di tempat kerja masing-masing”, Tambah Danlantamal VI.

Hadir dalam acara pembukaan seminar ini, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Laksda TNI (Purn) Atok Urahman, Wadan Lantamal VI Kolonel laut (KH) Hanarko Djodi Pamungkas, para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Danyonmarhanlan VI serta Kadis dan Kasatker Lantamal VI, perwakilan dari pejabat TNI/POLRI, Syahbandar Utama Makassar, Kemenko Maritin, KPLP Dirjen Perhubungan Laut, SKK Migas, Pertamina serta undangan dari Perguruan Tinggi di Makassar dan lainnya.