BAKTI SOSIAL LANAL MAUMERE DAN PROGRAM CSR PELINDO III MAUMERE

Lanal Maumere – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Maumere , menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan berupa Khitanan Massal, pengobatan umum dan Penyuluhan kesehatan di Desa Reroroja Kecamatan Magepanda Kabupaten Sikka- NTT,  (Rabu,26 Juni 2019).

Kegiatan Baksos ini merupakan rangkaian HUT Lanal Maumere ke 19 Tahun 2019 dan Program CSR PT. Pelindo III Maumere,   dan dibuka oleh Komandan Lanal Maumere Letkol Marinir Totok Nurcahyanto. dalam sambutannya Danlanal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Dharma Bakti TNI kepada masyarakat. TNI AL dalam hal ini Lanal Maumere berupaya bersinergi dan membantu pemerintah di daerah dalam meningkatkan mutu dibidang kesehatan masyarakat.

Sasaran Baksos kesehatan yang digelar lanjutnya, memberikan pelayanan Khitanan Massal, pengobatan umum dan penyuluhan kesehatan secara gratis serta melaksanakan sosialisasi kesehatan untuk hidup sehat dan komunikasi sosial bersama masyarakat setempat. Pelayanan kesehatan diberikan kepada peserta Khitanan Massal 30 orang dan Pengobatan umum 206 orang.

Kemudian dalam sambutannya GM Pelindo III Maumere Yuvenaius Andri Kartiko, mengatakan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lanal Maumere yang telah melaksanakan Program CSR ini, dan kemungkinan kedepan akan berkelanjutan dan bukan hanya melibatkan TNI AL namun kedepan kita akan melibatkan TNI AD serta Kepolisian, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan berupa kebutuhan alat kesehatan kesehatan dan obat-obatan yang dilakukan secara simbolis oleh Komandan Lanal Maumere beserta Ketua Korcab 3 Cabang VII. kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab.Sikka Bapak dr Deli Pasande, Komandan Kodim 1603/Sikka Letkol Inf Sugeng Prihatin, S.sos.,M.Sc., Kabag Sumda Polres Sikka Kompol Piters W. Johanies, Kakansar kelas IIB Maumere I Wayan Sudayana, Perwira Lanal Maumere, pejabat perwakilan dari Kejaksaan Negeri Maumere, Kadinkes Kab. Sikka, Camat Magepanda Bapak Hendrikus Pedro Rodrigues, S. Sos, M. Si. Kepala Desa Reroroja Bapak Bernard dan tokoh masyarakat Desa Reroroja.

 

Serta dihadiri oleh  Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Theresia Nurcahyanto beserta pengurus. Ketua Panitia kegiatan tersebut Letda Laut (K) Dennys Sukarna mengatakan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses berkat kerjasama tim kesehatan terpadu yang terdiri dari BK Lanal Maumere 5 orang, Tim Bedah RSUD TC. Hillers 9 orang, Puskesmas Kecamatan Magepanda 7 orang dan Perangkat desa 20 orang Serta Penyuluhan Kesehatan tentang Hygiene Sanitasi oleh Tim Puskesmas Magepanda, Penyuluhan Kesehatan tentang penyakit diare oleh BK Lanal Maumere dan Penyuluhan Kesehatan tentang Kesehatan Ibu dan Anak oleh Pengurus Jalasenastri Cab. 3 Korcab VII.