DANLANAL MAUMERE MENGHADIRI PEMBUKAAN RAPAT KOORDINASI DAN PELATIHAN POTENSI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN

Lanal Maumere – Komandan Lanal Maumere Letkol Marinir Totok Nurcahyanto  hadir dalam acara Rapat Koordinasi dan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan yang dibuka oleh Direktur Operasional Basarnas  Brigjen TNI (Mar) Budi Purnomo, S.I.P., M.Agr.,  yang diselenggarakan di Auditorium Hotel Capa Resort Maumere,  (Senin 24 Juni 2019).

Dengan mengambil tema “MELALUI RAKOR DAN LATIHAN POTENSI SAR KITA TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SAR DENGAN SINERGITAS DAN SOLIDITAS BERSAMA SELURUH POTENSI SAR” Direktur Operasional Basarnas mengatakan “Bencana terbagi menjadi 2 bagian yaitu bencana Alam dan Bencana Konflik. Di Indonesia sendiri lebih cenderung terjadinya bencana Alam mengingat letak Geografi Indonesia yang terletak di simpang pertemuan tiga lempeng aktif, yaitu Indo-Australia di Selatan, Eurasia di utara dan Pasifik di Timur menghasilkan lebih dari 70 sesar aktif dan belasan zona subduksi.

Di kota Maumere Kab, Sikka NTT pernah juga terjadi Gempa dan Tsunami Hebat pada tahun 1992, disinilah peranan SAR sangat dibutuhkan dengan menggandeng Instansi dari Aparat TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah” Tambah Dirops Basarnas. Selain itu beliau menghimbau agar disetiap ruangan – ruangan dan disetiap tempat terbuka lainnya agar diberi rambu Jalur Evakuasi guna memudahkan kita ketika terjadi bencana alam seperti gempa dan tsunami minimal kita semua sudah tahu jalur mana saja yang harus kita lalui agar selamat dari musibah bencana tersebut,  rapat koordinasi berlangsun satu hari sedangkan kegiatan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan dilaksanakan mulai tanggal 24 sampai tanggal 28 Juni 2019.

Turut dihadiri  dalam acara rakor  tersebut Wakil Bupati Sikka Bpk Romanus Woga, Dandim 1603/Sikka, Wakapolres Sikka, Kakansar kelas IIB Maumere dan para Stakeholder  terkait.