Sejarah Operasi Trikora dan Dwikora Menempati Ruangan Khusus Di Naval Museum Lantamal VI

Makassar-Minggu, (23/06/2019). Telah banyak buku yang menceritakan tentang Sejarah Operasi Trikora dan Dwikora. Sejarah Trikora dan Dwikora tersebut akan lebih diperjelas di Naval Museum Lantamal VI.

Untuk menampung benda-bensa sejarah operasi Trikora dan Dwikora di Naval Museum Lantamal VI, pengelola telah menyiapkan satu ruangan khusus yang diberi nama Trokora-Dwikora Room. Tampak Foto-foto pejuang Trikora Dwikora, pertempuran, dan beberapa Bom laut dan Meriam turut dipajang.

Penjelasan tentang operasi yang sarat perjuangan dalam merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda (Trikora) serta perjuangan tentara dan rakyat dalam mempertahankan Indonesia dari pembentukan Federasi Malaysia oleh Inggris (Dwikora) tersebut terpajang dan berada di salah satu ruangan di dalam Museum ini.

Menurut Letkol Laut (KH) Jarwadi selaku pengelola Naval Museum Lantamal VI, di ruangan ini terpajang sejarah Trikora dan Dwikora merupakan salah satu sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari inflitrasi negara lain untuk merebut sebagian wilayah yang masuk dalam Negara Indonesia ini.

“Jadi nantinya pengunjung akan dapat melihat dan membaca bagaimana perjuangan para pahwalan kusuma bangsa dalam mempertahankan wilayah NKRI dari segala tekanan bangsa lain yang ingin menguasai sebagian wilayah NKRI ini”, ujar Letkol Laut (KH) Jarwadi.

Di dalam ruangan tempat sejarah Trikora dan Dwikora tersebut juga dipajang kisah perjuangan Sersan Dua KKO Djanatin dan Kopral Satu KKO Tohir dalam melaksanakan tugas inflitrasi dan sabotase serta untuk mengacaukan stabilitas keamanan di Singapura pada tanggal 9 Maret 1965, tambahnya.