Jaga Keutuhan NKRI, Yonmarhanlan VI Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Dengan Latihan Tembak

Makassar, Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Yonmarhanlan VI) melaksanakan Latihan Menembak di Lapangan tembak yonif raider 700/Wira Yuda Cakti Makassar, Kamis (20/06/2019).

Adapun senjata yang dipakai dalam latihan menembak ini adalah jenis senjata laras panjang yaitu Senapan Serbu-1 (SS-1) dengan tiga tahapan sikap yaitu berdiri, duduk dan tiarap serta jarak sasaran 100 Meter.

“Latihan menembak ini dimaksudkan untuk mengasah ketajaman kemampuan dan profesionalisme sekaligus untuk menjaga naluri tempur Prajurit Yonmarhanlan VI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, Ujar Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VI (Danyonmarhanlan VI) Makassar, Mayor Marinir Aang Andy Warta, M.Tr (Opsla).

Sebelum melaksanakan latihan dimulai, Danyonmarhanlan VI mengharapkan kepada seluruh prajuritnya untuk bersungguh-sungguh dan selalu melaksanakan prosedur penggunaan senjata dengan baik dan benar agar kemampuan menembak baik dengan menggunakan laras panjang dapat meningkat.

“Menembak merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit, sehingga suatu ketika ditugaskan ke daerah operasi tetap dalam keadaan siap,” terangnya.

Setiap prajurit melaksanakan latihan menembak dengan menghabiskan 35 butir amonisi. 5 butir sebagai tembakan percobaan untuk dikoreksi perkenaannya, 10 butir sikap Tiarap,10 Butir sikap Duduk dan 10 Butir sikap berdiri.

Tampak Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas beserta Asops Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo,S.T., M.M., dan Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian, S.T., M.M serta Dandenma Lantamal VI Letkol Laut (P) Andik Putro.