WADANLANTAMAL XIII KOARMADA II MENGHADIRI APEL KONSOLIDASI PERSIAPAN PAM SIDANG PERSELISIHAN HASIL PEMILIHAN UMUM (PHPU) .

TARAKAN : Kamis (13/06/19) Pemilu Presiden dan wakil Presiden serta Legislatif telah selesai. KPU telah mengumumkan pemenangnya, namun hasil pengumuman pemenang yang disampaikan oleh KPU belum dapat diterima oleh pihak yang kalah sehingga pihak yang kalah telah menempuh jalur hukum untuk menggunggat kekalahannya di Makamah Konstitusi (MK).

Gugatan secara hukum tersebut tentu akan memberikan dampak kerawanan situasi keamanan pada saat penentuan keputusan oleh MK, sehingga diperlukan konsolidasi dari semua pihak agar situasi keamanana tetap kondusif terutama di wilayah Kaltara.

Guna mengantipasi kerawanan dan upaya cegah dini terhadap dampak dari sidang persilihan hasil pemilu, pada pukul 07.55 s.d 09.15 Wita, Wadan Lantamal XIII Koarmada II Kolonel Marinir Ali Bahar Saragih, S.E., menghadiri Apel Konsolidasi Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Kayan 2019 dan Persiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Lapangan Taman Berkampung, Jl. Sei Sayap Kel. Kampung Empat, Kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan, Prov. Kaltara yang dilaksanaan oleh Polda Kaltara untuk Wilayah Prov. Kaltara, yang pimpin langsung oleh Kapolda Kaltara Brigjen Pol Drs. Indrajit, sedangkan pengambil apel Wadirsabara Kaltara, Akbp Aap Sinwan Yasin, S.Ik., dan diikuti oleh pasukan gabungan dari TNI/Polri, Satpol PP Kota Tarakan, Dishub Kota Tarakan, Tokoh Masyarakat Kota Tarakan, Ormas, Mahsiswa UBT dan Pramuka.

Apel Konsolidasi tersebut juga dihadiri oleh Kabinda Prov. Kaltara Brigjen TNI Rudi S, Komandan Lanud Anang Busra Kolonel Pnb Heri Kris Dri Handaka, S.Sos, Wadanyon Raider 613/Rja Tarakan Mayor Inf Bhuri G.S, PJU (Pejabat Utama Polda Kaltara), Dandim 0907/Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto, Dansatrad 225 Tarakan Mayor Lek Budi Santoso, S.T, Danki Markas Yonmarhanlan XIII Kapten Mar Mad Rifai, Kakesbangpol Prov. Kaltara Bapak Basiran, Kepala Pengadilan Negeri Kota Tarakan Bapak Subagyo S.H.,M.Hum, Tri Silahi dari Kejaksaan Kota Tarakan, Bapak Yunus dari Bandara Internasional Juwata Kota Tarakan, KPLP Kota Tarakan Bapak Syahrudin, Perwakilan KPU Kota Tarakan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, perwakilan dari Partai Politik, Camat dan Lurah Se-Kota Tarakan.

Selesai kegiatan Apel Konsolidasi dilaksanakan tanda tangan Deklarasi kemudian dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal.

Dispen Lantamal XIII Koarmada II.